Musi Banyuasin siapkan Rp10 miliar untuk mitigasi karhutla

id mitigasi karhutla muba,kebakaran hutan lahan,musi banyuasin

Musi Banyuasin siapkan Rp10 miliar untuk  mitigasi karhutla

Arsip Foto - Petugas menunjukkan peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (22/5/2023). (ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di Provinsi Sumatera Selatan mengalokasikan dana Rp10 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2023 untuk pelaksanaan mitigasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya.

"Anggaran tak hanya untuk persiapan saja, melainkan untuk mem-back up semua upaya pencegahan dan penanganan di lapangan selama musim kemarau tahun ini. Komitmen kami Muba bebas asap karhutla 2023," kata Pelaksana Tugas Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi di Kota Palembang, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa lebih dari 150 personel juga telah disiagakan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di daerah-daerah yang rawan.

"Personel dari BPBD, TNI-Polri, Manggala Agni, telah disiagakan dengan peralatan lengkap. Sejauh ini masih bisa diatasi," katanya.

Ada dua dari 15 wilayah kecamatan di Musi Banyuasin yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah, yakni Kecamatan Bayung Lencir dan Babat Supat.