Cegah karhutla, Pemerintah intensifkan pembasahan gambut

id karhutla,kebakaran hutan,klhk,lahan gambut,pembasahan gambut

Cegah karhutla, Pemerintah intensifkan pembasahan gambut

Mendagri Tito Karnavian (kiri), Menkopolhukam Hadi Tjahjanto (tengah) dan Menteri LHK Siti Nurbaya dalam konferensi pers usai Rakor Khusus Penanggulangan Karhula 2024 di Jakarta, Kamis (14/3/2024) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) SIti Nurbaya mengatakan pemerintah terus melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) termasuk peningkatan upaya pembasahan lahan gambut mulai pada Maret.  

Ditemui usai Rapat Koordinasi Khusus Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan 2024 di Jakarta, Kamis, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan pemerintah Indonesia belajar dari kebakaran hutan pada 2019 yang terjadi di lahan seluas 1,6 juta hektare dan menggunakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membasahi lahan termasuk wilayah gambut.      

"Sejak 2020 kita pakai modifikasi cuaca lebih awal jadi di bulan-bulan akhir atau pertengahan Maret kita sudah harus modifikasi cuaca, daerah-daerah gambut harus sudah dibasahi semua. Jadi itu yang agak menolong, tahun ini kita lakukan rencana tanggal 20-an Maret," ujar Siti.