14 titik panas di Sumatera Selatan, lokasi di lahan non gambut

id sumsel,palembang,karhutla,bpbd sumsel

14 titik panas di Sumatera Selatan, lokasi di lahan non gambut

Ilustrasi - Titik api muncul di bukit . (ANTARA/HO-Desa Setbot)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan menemukan 14 titik panas di wilayah itu per tanggal 20 Maret 2024.

Kepala BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana di Palembang, Rabu, mengatakan berdasarkan data aplikasi Songket tercatat jumlah titik panas di Sumsel sebanyak 14 titik.

Ia menjelaskan titik panas itu terjadi di lahan non-gambut, bukan di wilayah gambut dan ditemukan di Muara Enim sebanyak tujuh titik, OKU Selatan dan Lahat, masing-masing dua titik, serta Musi Rawas Utara (Muratara) dan Empat Lawang masing-masing satu titik.

Meski demikian, pihaknya tidak menaikkan status siaga mengingat hampir seluruh wilayah masih mengalami hujan dengan intensitas ringan-lebat.

"Kondisi Sumsel berbeda dengan Riau yang sudah menaikkan statusnya menjadi siaga. Daerah pesisirnya sudah jarang hujan meskipun di wilayah lain masih ada hujan,” katanya.

Untuk menaikkan status siaga, katanya, setidaknya harus ada dua daerah yang telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selain itu, BMKG sudah menyampaikan laporan jika musim kemarau telah tiba bisa berdampak pada karhutla.

"Saat ini kami belum menaikkan status siaga sebab masih ada hujan di Sumsel. Namun, kesiapsiagaan penanganan karhutla harus selalu kami lakukan agar bisa diantisipasi lebih dini dan cepat," kata Iqbal.