Fosil gajah purba elephas bakal dijadikan objek wisata Situs Patiayam

id Fosil gading gajah purba, ditemukan di Situs Patiayam Kudus

Fosil gajah purba elephas bakal dijadikan objek wisata Situs Patiayam

Proses ekskaasi fosil di Situs Patiayam Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang kondisinya hampir utuh. ANTARA/HO-

Kudus (ANTARA) - Penemuan fosil gajah purba jenis elephas di Situs Patiayam Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang kondisinya hampir utuh bakal dibuatkan bangunan untuk jadikan objek wisata tambahan di kawasan Situs Patiayam.

"Penemuan fosil gajah purba jenis elephas dalam kondisi hampir utuh tersebut, merupakan yang pertama kalinya karena selama ini yang ditemukan tidak utuh dan mayoritas jenis stegodon," kata Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus Jamin di Kudus, Selasa.

Karena fosilnya hampir utuh, kata dia, tidak akan diangkat untuk dibawa ke Museum Patiayam, melainkan akan dibuatkan bangunan, sehingga bisa dijadikan objek wisata tambahan selain tersedia gardu pandang dan Museum Patiayam Kudus.

Untuk usia fosil elephas tersebut, diperkirakan antara 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu atau lebih muda dibandingkan jenis stegodon yang usianya berkisar 750 ribu-1,5 juta tahun.