Ogan Komering Ulu bentuk Jamaah Tani Muhammadiyah

id Ketahanan pangan, jamaah tani muhamadiyah, kebutuhan pangan, Muhammadiyah OKU,Ogan Komering Ulu bentuk Jatam,OKU Sumsel

Ogan Komering Ulu bentuk Jamaah Tani Muhammadiyah

Rapat pembentukan Jamaah Tani Muhammadiyah Kabupaten OKU, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Muhammadiyah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan membentuk Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) untuk menjaga ketahanan pangan di daerah itu.

Ketua Jamaah Tani Muhammadiyah OKU Hendra A Setyawan di Baturaja, Kamis mengatakan, pembentukan Jatam sebagai bentuk perkembangan kelembagaan pemberdayaan petani dalam skala lebih terkoordinatif secara strategis.

Pembentukan Jatam dari kader Muhamadiyah ini sebagai program jihat kedaulatan pangan melalui pertanian terpadu dalam upaya membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat Kabupaten OKU.

Sebanyak 100 anggota Jatam Kabupaten OKU yang saat ini sudah dibentuk dilatih untuk memiliki kemampuan bercocok tanam sekaligus menganalisis perkembangan situasi eksternal yang berhubungan dengan masalah-masalah pertanian.

Pelatihan yang diberikan bagi anggota Jatam, yaitu tentang pertanian organik, pengolahan pangan berbasis kearifan lokal, serta hasil tanaman non hutan.