Lestarikan budaya, Baranusa harap dapat bersinergi dengan pemerintah

id pelestarian budaya, Baranusa, sinergi, pemerintah,berita sumsel, berita palembang

Lestarikan budaya, Baranusa harap dapat bersinergi dengan pemerintah

Panglima Besar Barisan Adat Raja Sultan Nusantara (Baranusa) Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin saat memberikan keterangan pers usai pengukuhan pengurus Baranusa Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara di Anjungan Maluku Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (26/11/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta (ANTARA) - Barisan Adat Raja Sultan Nusantara (Baranusa) berharap dapat bersinergi dengan pemerintah dalam upaya mengembangkan dan melestarikan budaya di Indonesia.

"Budaya yang ada di Indonesia ini, semuanya sudah hampir terdegradasi dan mulai punah. Apalagi, saat ini kalangan milenial kurang mengenai budaya Nusantara," kata Panglima Besar Baranusa Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin usai pengukuhan pengurus Baranusa Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara di Anjungan Maluku Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlunya sinergitas antara Baranusa dengan pemerintah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda tentang budaya Nusantara.

Baranusa kembali dibangkitkan sejak puluhan tahun lalu dengan tujuan untuk memperkenalkan diri tentang budaya Nusantara yang menjadi jati diri bangsa Indonesia.