Ridwan Kamil ucapkan terima kasih atas kiriman oksigen dari Sumsel

id oksigen,bantuan oksigen,ridwan kamil,gubernur jawa barat,app sinar mas,sinar mas,oki pulp and paper

Ridwan Kamil ucapkan terima kasih atas kiriman oksigen dari Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri acara Apresiasi Donasi Oksigen untuk Warga Jawa Barat secara virtual di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (28/7). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel/21)

Ridwan Kamil berterima kasih karena kontribusi kemanusiaan dari Sumsel itu telah menyelamatkan ribuan nyawa di Jawa Barat
Palembang (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada Sumatera Selatan yang telah mengirimkan oksigen ke daerahnya untuk membantu penanganan COVID-19.

Ucapan itu disampaikan Ridwan Kamil secara virtual kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pada acara Apresiasi Donasi Oksigen untuk Warga Jawa Barat di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (28/7).

"Ke Sungai Musi kita menyebrang, ke Pasar Kuto kita mencari duren. Rasa risau menjadi tenang karena Wong Kito kirim oksigen,” kata Ridwan Kamil mengutip sebuah pantun Sumatera Selatan.

Ridwan Kamil berterima kasih karena kontribusi kemanusiaan dari Sumsel itu telah menyelamatkan ribuan nyawa di Jawa Barat.

“Oksigen sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa. Oksigen di Sumsel berlimpah dan dikirimkan ke kami. Terima kasih,” kata Ridwan Kamil.

Sebelumnya, PT Asia Pulp And Paper (APP) Sinar Mas melalui pilar usahanya PT OKI Pulp And Paper di Sumatera Selatan mendistribusikan 85,8 ton oksigen menggunakan empat ISO tank dengan nett gross volume sekitar 85,8 ton oksigen cair ke Jawa Barat.

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas keberangkatan unit mobil tanki pengangkut oksigen tersebut dari Pelabuhan Boom Baru Palembang, Minggu (25/7).

Puluhan ton oksigen cair tersebut didistribusikan untuk memenuhi ketersediaan oksigen medis di semua rumah sakit atau tempat perawatan pasien COVID-19 di Provinsi Jawa Barat.

Oksigen ini diproduksi oleh perusahaan pilar usaha Sinar Mas, PT OKI Pulp and Paper yang beroperasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan bantuan oksigen yang diberikan kepada masyarakat Jawa Barat tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi terkini yang sedang terjadi di sejumlah daerah.

“Kebutuhan oksigen di sejumlah rumah sakit di Sumsel terpenuhi dengan aman. Karena itu kami harus ikut membantu kebutuhan oksigen di daerah lain yang mengalami kekurangan,” ujar dia.

Baca juga: Sinar Mas bantu kebutuhan oksigen sejumlah daerah

Baca juga: APP Sinar Mas distribusikan 85,8 ton oksigen ke Jawa Barat


Herman Deru bersyukur atas keberkahan dari Allah SWT karena Sumsel diberikan gas yang cukup berlimpah.

“Tentu harus saling tolong menolong dalam melawan pandemi COVID-19. Semoga saja wabah ini segera hilang dari Indonesia,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Herman Deru mengatakan, selain Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur (Jatim) juga meminta dipasok oksigen dari Sumsel.

“Ibu Khofifah sudah menelpon saya, meminta bantuan oksigen juga. Mereka turut mengalami kekurangan oksigen. Kami meminta mereka untuk menyiapkan ISO Tank Oksigen,” kata dia.

Saat ini tidak semua daerah telah memiliki ISO Tank Oksigen seperti Jawa Barat sehingga Jawa Timur harus menyiapkannya terlebih dahulu agar suplai oksigen dari  Sumsel bisa tiba tepat waktu.

Selain itu, proses pengiriman tentu membutuhkan lebih lama dibandingkan proses pengiriman ke Jabar.

Baca juga: Pusri kirim bantuan oksigen 1.019 tabung ke rumah sakit di Lampung

Baca juga: Menkes sebut Indonesia butuh 2.500 ton oksigen per hari
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar