Sinar Mas bantu kebutuhan oksigen sejumlah daerah

id sinar mas,app sinar mas,oksigen,bantuan oksigen,pt oki pulp and paper

Sinar Mas bantu kebutuhan oksigen sejumlah daerah

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas truk ISO Tank yang membawa oksigen produksi PT OKI Pulp And Paper ke Jawa Barat, Minggu (25/7). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel/21)

Pengiriman ke Jawa Barat kali ini menggunakan 4 ISO Tank dengan nett gross volume sekitar total 85,8 Ton oksigen cair
Palembang (ANTARA) - Sinar Mas melalui pilar usahanya Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas membantu pemenuhan kebutuhan oksigen di sejumlah daerah dalam upaya penanganan COVID-19.

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, Senin, mengatakan Sinar Mas berpartisipasi dalam membantu pengadaan liquid oxygen dan gas oxygen sejak pertengahan Juli lalu di Sumatera Selatan, Riau, Jambi dan sejumlah daerah di Jawa.

Pada pekan ini, pengiriman oksigen cair dilakukan ke Jawa Barat untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di sana.

“Pengiriman ke Jawa Barat kali ini menggunakan 4 ISO Tank dengan nett gross volume sekitar total 85,8 Ton oksigen cair," kata Saleh.

Pelepasan pengiriman oksigen cair itu dilakukan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Minggu (25/7), karena oksigen itu merupakan produksi PT OKI Pulp And Paper yang beroperasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Pada masa pandemi ini, PT OKI Pulp And Paper mengoptimalkan produksi oksigen hariannya. Bahkan, perusahaan bubur kertas ini mampu memproduksi ekstra agar dapat berpartisipasi dalam pengadaan oksigen untuk pasien COVID-19.

Oksigen produksi OKI Pulp And Paper itu tiba di Bandung, Senin (26/7), yang langsung disambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.



“Kami berterima kasih atas dukungan dari Sinar Mas yang sigap memberikan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Jawa Barat,” kata dia.

Baca juga: Sumsel terima bantuan oksigen dari APP Sinar Mas untuk pasien COVID-19

Menurutnya, pemerintah tidak dapat menangani pandemi ini tanpa kolaborasi dan bantuan berbagai pihak. Kali ini dukungan dari kalangan swasta sangat diapresiasi Pemprov Jabar.
 
Pemenuhan oksigen di Jawa Barat sejauh ini dilakukan lintas provinsi, yakni dari Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan dan Banten.

Plt Dirjen Industri Agro Kementrian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengapresiasi kepedulian dari industri pulp & paper dalam merespon kondisi terkini dari pandemi COVID-19 di Tanah Air.

“Kami mengapresiasi industri yang bersedia mengalihkan hasil produksi oksigennya untuk kebutuhan medis penanganan COVID-19,” kata Putu.

Selain Kementerian Perindustrian, inisiatif Sinar Mas dalam penanganan COVID-19 ini juga diapresiasi oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK).

“Penanganan COVID-19 membutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Sumbangan oksigen dari Sinar Mas ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi dari para pelaku usaha di bidang kehutanan, untuk meringankan beban pemerintah pusat,” ujar Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono.

Baca juga: APP Sinar Mas distribusikan 85,8 ton oksigen ke Jawa Barat