Dinas Pertanian OKU sebut stok pupuk mencukupi kebutuhan petani

id Kuota pupuk, pupuk bersubsidi, petani di OKU, Dinas Pertanian OKU

Dinas Pertanian OKU sebut stok pupuk mencukupi kebutuhan petani

Petugas Dinas Pertanian OKU menyosialisasikan tentang pengguna mesin EDC untuk transaksi kartu tani. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memastikan stok pupuk bersubsidi mencukupi kebutuhan petani di wilayah itu selama musim tanam tahun ini.

"Persediaan pupuk bersubsidi tahun ini dipastikan mencukupi kebutuhan petani di Kabupaten OKU," kata Subkordinator Pupuk Pestisida Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Distan OKU, Syahroni di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, kuota pupuk bersubsidi di Kabupaten OKU dapat dikatakan surplus selama musim tanam tahun 2024.

Berdasarkan ketetapan pemerintah pusat kuota pupuk bersubsidi untuk Kabupaten OKU pada tahun 2024 ditetapkan sebanyak 5.240 ton untuk jenis Urea dan 5.953 ton jenis NPK.

Persediaan pupuk tersebut untuk memenuhi kebutuhan petani selama musim tanam tahun ini dengan luasan lahan mencapai 29.024 hektare.

"Semula kuota pupuk bersubsidi untuk Kabupaten OKU hanya sebanyak 3.066 ton dan NPK 2.787 ton," katanya.

Ia kembali mengingatkan agar masyarakat, terutama para petani agar menggunakan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku.

Sesuai ketentuan, penebusan pupuk bersubsidi hanya untuk sembilan komoditi pertanian saja meliputi tanaman padi, bawang merah, jagung, cabai, bawang putih, kacang kedelai, kopi, kakao dan tebu rakyat.

"Artinya, pupuk bersubsidi yang akan ditebus tidak lagi diperuntukkan untuk petani karet, ubi dan sawit, namun khusus sembilan komoditi pertanian itu saja," tegasnya.