Sumsel terima bantuan oksigen dari APP Sinar Mas untuk pasien COVID-19

id app sinar mas,sinar mas,bantuan oksigen,sumatera selatan,provinsi sumatera selatan,sumsel covid-19,gubernur sumsel

Sumsel terima bantuan oksigen dari APP Sinar Mas untuk pasien COVID-19

Gubernur Sumsel Herman Deru (kedua kiri) didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri (kiri), Kuasa Direksi PT OKI Pulp & Paper Mills Gadang Hartawan (ketiga kanan kiri), Perwakilan Manajemen APP Sinar Mas Effendi (kedua kanan) melepas kendaraan yang membawa ISO Tank berisi 20 ton oksigen saat penyerahan bantuan CSR Liquid Oksigen dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas untuk Rumah Sakit rujukan COVID-19 di Halaman Polda Sumsel, Palembang, Senin (12/7/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww)

Saya sangat mengapresiasi di masa sulit ini APP Sinar Mas masih bisa berbagi
Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan menerima bantuan hibah oksigen dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas untuk kebutuhan perawatan pasien COVID-19 di sejumlah daerah Tanah Air yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin di Palembang, Senin, mengatakan, APP Sinar Mas mengalokasikan 1.200 ton oksigen untuk Sumsel, Riau, Jambi dan sejumlah daerah di Jawa.

"Bantuan ini akan disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19, pusat karatina hingga ke rumah warga," kata Saleh setelah menyerahkan bantuan secara simbolis ke Gubernur Sumsel Herman Deru di Mapolda Sumsel. Acara tersebut sekaligus menjadi simbolis pengiriman bantuan ke Provinsi Jawa Barat.

APP Sinar Mas ingin berpartisipasi dalam membantu pengadaan liquid oxygen dan gas oxygen demi memenuhi kebutuhan oksigen para pasien COVID-19.

Pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton per bulan itu dipasok PT OKI Pulp & Paper Mills, PT. Indah Kiat Pulp & Paper- Perawang Mills dan PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry.

Dari kapasitas 1.200 ton liquid oxygen itu dapat mengisi sekitar 1.000.000 tabung oksigen medis dengan volume 1 M3.

Pada masa pandemi ini, PT OKI Pulp & Paper yang memiliki wilayah operasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mengoptimalkan produksi oksigen harian. Bahkan, perusahaan hutan tanam industri ini juga memproduksi ekstra agar dapat berpartisipasi dalam pengadaan oksigen untuk pasien COVID-19.

Selama ini produksi gas di OKI tidak diperjualbelikan, namun diproduksi untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan.

Pengiriman perdana kali ini menggunakan dua unit tanki berkapasitas 15 ton (total 30 ton). Nantinya segera dilakukan pengisian, tabung oksigen segera didistribusikan ke berbagai rumah sakit yang membutuhkan di sejumlah daerah.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Senin, mengapresiasi inisiasi APP Sinar Mas yang telah berpartisipasi meringankan beban pemerintah dalam menanggani pasien COVID-19 di Sumatera Selatan.  

"Saya sangat mengapresiasi di masa sulit ini APP Sinar Mas masih bisa berbagi," kata dia.

Herman Deru menganggap penyerahan oksigen sebagai gerakan sosial yang sangat diharapkan khususnya di Sumatera Selatan karena kasus terkonfirmasi positif COVID-19 meningkat pada triwulan kedua tahun.

Kondisi saat ini telah berdampak pada tingginya permintaan masyarakat terhadap oksigen yang meningkat hingga 300 persen sehingga membuat stok di pasaran menipis.

“Berkat adanya sokongan ketersediaan oksigen ini, setidaknya situasi dan kondisi bisa terjaga dalam beberapa bulan ke depan,” kata dia.