Desa Pengaringan OKU bangun puluhan unit jamban gratis

id Pembangunan jamban gratis

Desa Pengaringan OKU bangun  puluhan unit jamban gratis

Prajurit TNI Kodim 0403 OKU bersama warga bergotong royong membangun jamban (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada tahun ini membangun puluhan unit jamban gratis di rumah-rumah penduduk di wilayah setempat.

"Ada sekitar 39 unit jamban yang kami bangun tahun ini," kata Kepala Desa Pengaringan, OKU, Adi di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, puluhan unit jamban ini dibangun secara gratis di rumah penduduk di desa setempat khususnya yang belum memiliki fasilitas sanitasi tersebut.

"Pembangunan jamban ini dilakukan secara bergotong royong oleh masyarakat setempat," ujarnya.

Dia menjelaskan, program sanitasi ini dilakukan pihaknya agar masyarakat di desa itu berprilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan diri tidak buang air besar (BAB) di sungai.

"Pembangunan jamban secara gratis ini kami lakukan mengingat sejauh ini masih banyak warga kami yang belum memiliki jamban sehingga perlu dibangun agar tidak lagi BAB di Sungai Ogan," tambahnya.

Dengan dibangunanya fasilitas sanitasi tersebut, ia berharap dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah itu sesuai dengan fungsinya sehingga air Sungai Ogan tidak tercemar lingkungan.

"Bahkan, tahun depan kami berencana akan membuat Peraturan Desa (Perdes) tentang larangan BAB di sungai sehingga warga tidak lagi membuang hajat di Sungai Ogan," tegasnya.