Sebanyak 89 desa di OKU dukung gerakan SBS

id Gerakan SBS, jamban sendiri, pencemaran lingkungan,Dinas Kesehatan OKU

Sebanyak 89 desa di OKU dukung gerakan SBS

Kepala Dinas Kesehatan OKU Dedi Wijaya. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 89 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mendukung gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) yang dicanangkan Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Dedi Wijaya di Baturaja, Kamis, mengatakan hingga saat ini dari 157 desa yang ada di kabupaten setempat, sebanyak 89 desa diantaranya mendeklarasikan gerakan SBS sebagai bentuk dukungan.

"Desa-desa ini sejak tahun lalu sudah menyatakan komitmennya untuk menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang air besar sembarangan, terutama di sungai," katanya.

Adapun desa yang mendeklarasikan gerakan SBS antara lain Desa Lubuk Batang Lama, Karta Mulia, Karang Endah, Kepayang, Fajar Jaya, Ujan Mas, Marta Jaya, Desa Ulak Pandan, Kelurahan Sukaraya, Sekarjaya dan Air Paoh.

Dia menjelaskan, SBS merupakan gerakan yang mendesak untuk dilaksanakan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat dengan cara membuat jamban keluarga berikut sumber air bersih sehingga tercipta lingkungan yang benar-benar bebas dari penyakit.