Sebanyak 21 desa di OKU dukung gerakan SBABS

id Gerakan SBS, buang air besar, desa di OKU, Dinas Kesehatan OKU

Sebanyak 21 desa di OKU dukung  gerakan SBABS

11 desa di Kabupaten OKU mendeklarasikan gerakan SBABS, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 11 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyatakan dukungan dalam gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), terutama di sungai untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Ada 11 desa di OKU yang mendeklarasikan gerakan SBS sebagai bentuk dukungan untuk tidak membuang air besar sembarangan," kata Kepala Dinas Kesehatan OKU Dedi Wijaya di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, 11 desa tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU antara lain Desa Lengkayap, Kecamatan Lengkiti, Pengandonan, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur, Lubuk Batang, dan Peninjauan.

Menurut dia, sejauh ini dari 157 desa yang ada di Kabupaten OKU, sebanyak 100 desa diantaranya sudah mendeklarasikan gerakan SBABS seperti Desa Lubuk Batang Lama, Karta Mulia, Karang Endah, Kepayang, Fajar Jaya, Ujan Mas, Marta Jaya, Desa Ulak Pandan, Kelurahan Sukaraya, Sekarjaya dan Air Paoh.

"Tahun lalu sebanyak 89 desa sudah mendeklarasikan SBABS sehingga total saat ini 100 desa. Untuk desa-desa lainnya diupayakan menerapkan hal yang sama pada 2024," katanya.