Kodim 0403 Ogan Komering Ulu bangun 38 unit jamban gratis

id JAMBANISASI

Kodim 0403  Ogan Komering Ulu bangun 38 unit jamban gratis

Prajurit TNI Kodim 0403 Ogan Komering Ulu membangun 38 unit jamban gratis di Kecamatan Sosoh Buay Rayap. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - TNI Kodim 0403 Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melalui Koramil 403-12 Baturaja pada semester II tahun ini membangun sebanyak 38 unit jamban secara gratis yang dibangun di tiga desa di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

"Sebanyak 38 unit jamban yang telah kami bangun ini meliputi di Desa Kungkilan, Lubuk Leban dan Desa Mekarjaya," kata Komandan Kodim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU), Letkol Arm Agung Widodo didampingi Danramil 403-12 Baturaja, Kapten CZI Handayani Watulaga di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, pembangunan jamban atau WC umum ini dilakukan di wilayah teritorial Koramil Baturaja khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap guna meningkatkan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat di wilayah itu.

Program jambanisasi karya bakti TNI ini, kata dia, dengan membangun WC umum di rumah penduduk yang belum memiliki fasilitas sanitasi tersebut agar masyarakat membuang air besar pada tempatnya.

"Jamban yang dibangun ini berukuran 2x2 meter dibangun secara swadaya oleh prajurit TNI bersama masyarakat di wilayah masing-masing," katanya.

Ia berharap, dengan adanya fasilitas sanitasi tersebut masyarakat tidak lagi buang air besar (BAB) di sungai karena dapat mencemari lingkungan sekitar.

"Dengan dibangunnya jamban ini, masyarakat yang sebelumnya terbiasa BAB di Sungai Ogan, kini mulailah membiasakan diri membuang hajat di jamban," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lubuk Leban, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Syaharuddin mengaku pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Koramil Kota Baturaja yang sudah memfasilitasi pembangunan jamban umum bagi masyarakat di wilayah itu.

Menurut dia, karena keterbatasan pengetahuan dan tidak memiliki jamban, selama ini masyarakat terbiasa membuang air besar di aliran Sungai Ogan.

"Melalui program jambanisasi dari TNI ini, selain warga memiliki jamban, kami juga mendapat ilmu cara membuat jamban yang standar untuk membudayakan hidup bersih dan sehat," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar