Dana Bangub Sumsel prioritas benahi desa tertinggal

id herman deru,gubernur sumsel,gubernur sumatera selatan,dana bangub,desa tertinggal,musi rawas,muratara

Dana Bangub Sumsel prioritas  benahi desa tertinggal

Gubernur Sumsel Herman Deru mendengarkan paparan dari kepala daerah mengenai program prioritas untuk menggunakan dana Bangub di Palembang, Senin (8/3). (ANTARA/HO/21)

Palembang (ANTARA) - Dana APBD dari pos bantuan gubernur (Bangub) Provinsi Sumatera Selatan akan diprioritaskan untuk membenahi desa tertinggal di dua kabupaten yakni Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Senin, mengatakan, pembenahan desa tertinggal itu untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur secara merata di 17 Kabupaten/kota di Sumsel.

“Dua kabupaten ini butuh sentuhan secara khusus karena angka kemiskinan tinggi. Mura memiliki desa tertinggal sangat banyak, sedangkan Muratara merupakan hasil pemekarannya,” kata Herman Deru ketika mendengarkan paparan rencana pembangunan di dua kabupaten tersebut.

Ia mengatakan penyebab kemiskinan salah satunya disebabkan oleh biaya hidup yang tinggi. Sementara untuk menekan hal tersebut perlu ada stimulus dari sisi infrastruktur sehingga bisa memacu pertumbuhan ekonomi setempat.

Untuk itu, ia meminta bupati dari dua kabupaten ini menentukan program superprioritas, prioritas, dan program yang regular demi mempercepat perbaikan ekonomi masyarakat.

Program prioritas ditujukan untuk pembangunan fisik yang menjadi sorotan mata masyarakat, sedangkan untuk kategori regular merupakan pembangunan rutin tahunan yang menjadi tanggungjawab kabupaten/kota.

Bupati Muratara Devi Suhartoni mengatakan kabupatennya merupakan kabupaten ‘muda’ yang sedang giat membangun dan membuat masyarakat sejahtera dan bahagia.

Menurutnya, sasaran program tahun 2021 yakni meningkatnya potensi dan daya saing sektor unggulan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan.

Namun hingga kini Muratara masih dihadapkan pada permasalahan, persentase kemiskinan tertinggi, IPM kategori sedang dan daerah tertinggal diSumsel.

Oleh sebab itu, Pemkab Muratara sangat mengharapkan kucuran Bangub tersebut.

Sementara Bupati Kabupaten Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengusulkan program prioritas Kabupaten Musi Rawas antara lain program anggaran BPJS bagi masyarakat di wilayah Musi Rawas untuk mencapai tujuan program Universal Health Coverage (UHC), kemudian percepatan pembangunan infrastruktur dan pasar sebesar dan pembangunan Rumah Sakit Muara Beliti.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar