Pertama kali, Sumsel buka Porprov dengan Peparprov 2023 sekaligus

id porprov sumsel, upacara pembukaan, gubernur herman deru, via vallen

Pertama kali, Sumsel buka Porprov dengan Peparprov 2023 sekaligus

Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Bupati Lahat Cik Ujang menyapa kontingen pada pebukaan Porprov Sumsel XIV/2023 dan Peparprov IV/2023 di Kabupaten Lahat yang digelar bersamaan sebagai bagian dari semangat persamaan dan kesetaraan. (ANTARA/HO/Youtube-KominfoLahat)

Lahat, Sumsel (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan menjadi provinsi pertama yang membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Pekan Olahraga Paralimpik Provinsi (Peparprov) dilakukan bersamaan dalam satu kesempatan.

Hal itu terjadi pada pembukaan Porprov Sumsel XIV dan Peparprov IV tahun 2023 yang dilakukan bersamaan di Kabupaten Lahat yang menjadi tuan rumah kegiatan pertandingan multievent itu, Minggu (15/9/2023) malam.

Pembukaan dua event olahraga tingkat Provinsi Sumatera Selatan itu dibuka oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru yang diwarnai dengan guyuran  hujan. Pada kesempatan itu hadir pula Wakil Sekretaris Umum KONI Pusat Brigjen TNI (Purn) Ahmad Saepudin, para bupati dan wali kota di Sumsel dan pimpinan Forkopimda Sumsel dan kabupaten-kota.

Pembukaan Porprov Sumsel XIV dan Peparprov IV 2023 ditandai dengan penyerahan obor dari pesilat putri Sumsel berprestasi internasinal Nia Larasati kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Selama sepekan ke depan, sebanyak 13.336 insan olahraga Sumsel tumplek di Kabupaten Lahat untuk bertanding dan berkompetisi meraih prestasi terbaik.

Ketua Panitia PB Porprov XIV/2023 H Ahmad Syamsudin yang juga Dirut Bank Sumsel Babel menyebutkan Porprov Sumsel XIV/2023 mempertandingkan 44 cabang olahraga dan 817 nomor pertandingkan dengan jumlah medali yang perebutkan sebanyak 3.011 medali yang terdiri dari 878 emas, 878 perak dan 1255 medali perunggu.

Sementara itu Ketua Pelaksana Peparprov Sumsel IV/2024 Ryan Yowhari menyebutkan, pertandingan Peparprov mempertandingkan sebanyak 10 cabang pertandingan dengan jumlah total atlet NPCI yang bertanding 912 orang.  

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam amanatnya berharap Porprov XIV/2023 ini menjadi ikhtiar untuk meningkatkan prestasi Sumsel pada PON 2024 di Sumut-Aceh.

"Saya berharap Porprov 2023 ini menjaring atlet terbaik untuk kita bawa ke PON 2024 di Sumut-Aceh," kata Gubernur.

Ia menyebutkan, target Sumsel memperbaiki prestasi dan peringkat di ajang olahraga nasional empat tahunan itu, yang mana pada PON Papua berhasil merangkat ke peringkat papan tengah.

Gubernur berpesan kepada para atlit, wasit, juri pembina olahraga untuk mengawal dan mencetak atlet Sumsel yang tangguh, profesional dan penuh sportifitas.

"Terima kasih kepada Kabupaten Lahat yang sudah menjadi tuan rumah Porprov dan Peparprov 2023. Selain menghasilkan prestasi olahraga juga mendongkrak ekonomi masyararakat,  UMKM dan IKM manfaatkan ini dengan sebaik-baiknya," kata Gubernur Herman Deru.

Sementara itu Ketua NPCI Sumsel yang jjuga ketua Peparprov Sumsel IV/2024 Ryan Yowhari mengapresiasi disatukannya pembukaan kedua event itu, yang merupakan bukti Pemprov Sumsel menyamakan hak para atlet disabilitas dan tidak ada ada perbedaan.

"Terima kasih,  Ini apresiasi dan persamaan hak-hak para disabiitas, Terima kasih  para pejabat, insan olahraga telah banyak mendukung kegiatan disabulitas," kata Ryan. 

Ia menyebutkan para atlet NPCI telah mencatat prestasi di ASEAN Paragames 2022 di Kamboja  NPCI turut andil menyumbang 14 emas,  8 perak dan 4 perunggu  dengan 12 atlet,.

Upacara pembukaan Porprov XIV/2023 dan Peparprov IV/2023 juga dimeriahkan dengan pesta kembang api dan penampilan artis ibukota Via Vallen.