Gubernur Herman Deru buka Porprov XIV dan Peparprov IV di Lahat

id Porprov ,Peparprov ,Herman Deru ,Porprov 2023

Gubernur Herman Deru buka Porprov XIV dan Peparprov IV di Lahat

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membuka Porprov dan Peparprov 2023 di Lahat (ANTARA/HO/YouTube-Diskominfo Sumsel)

Palembang (ANTARA) -
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV yang akan berlangsung pada 17 September hingga 24 September dan Pekan Olahraga Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV pada 25 September hingga 2 Oktober 2023 di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.
 
Pembukaan Porprov dan Peparprov yang dihadiri 13 ribu lebih atlet dari seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan itu digelar di Lapangan Seganti Setungguan Lahat dan disaksikan ribuan masyarakat yang hadir, Ahad, malam.
 
Dalam acara pembukaan tersebut, Herman Deru didampingi Direktur Utama Bank Sumsel Babel Ahmad Samsudin selaku Ketua Panitia Besar Porprov XlV Lahat dan Bupati Lahat Cik Ujang.
 
Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan itu.
 
Ia merasa bangga dan bersimpati besar terhadap masyarakat Kabupaten Lahat atas keramahan selaku tuan rumah Porprov.
 
"Kami harap kegiatan ini beriringan dengan pemulihan ekonomi oleh karena itu keramahan tuan rumah khususnya pelaku UMKM akan melayani ribuan tamu dan ekonomi akan tumbuh," kata Deru.
 
Ia menambahkan semua infrastruktur dan administrasi sudah disiapkan dengan baik. Namun persiapan tersebut harus juga diiringi dengan pemulihan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Lahat dan Sumatera Selatan.
 
Selain itu ia berharap melalui Porprov kali ini dapat memunculkan potensi atlet untuk mewakili Sumatera Selatan di kancah Nasional maupun Internasional.
 
"Kedepannya tahun 2024 nanti akan ada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumatera Utara dan kami berharap Porprov ini menjadi persiapan bagi atlet untuk memperbaiki peringkat Sumsel ditingkat nasional," katanya.
 
Ia menjelaskan pada pelaksanaan PON di Papua sebelumnya peringkat Sumsel telah membaik dan berharap PON 2024 prestasi Sumsel semakin membaik.

Ketua Panitia Besar (PB) Porprov XIV Lahat Ahmad Samsudin dalam laporannya mengatakan sebanyak 13366 atlet serta official akan bertanding dalam 44 cabang olahraga dan memperebutkan 3011 medali yang terdiri dari 878 emas, 878 perak, dan 1255 perunggu.
 
Acara pembukaan Porprov dan Peparprov Lahat tersebut ditutup dengan penampilan artis penyanyi dangdut tersohor Via Vallen dan ditayangkan secara langsung di channel YouTube DISKOMINFO SUMSEL.