Gubernur Deru ajak masyarakat jaga 1,3 juta hektare lahan gambut

id Lahan gambut ,Karhutla ,Gubernur Sumsel

Gubernur Deru ajak masyarakat jaga 1,3 juta hektare lahan gambut

Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri acara Pameran Produk Unggulan Restorasi Gambut 2023 di Palembang. (Antara/M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengajak masyarakat setempat  untuk menjaga lahan gambut yang ada di wilayah itu seluas 1,3 juta hektare.
 
Lahan gambut tersebut berada di kawasan enam kabupaten, yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).
 

Herman Deru di Palembang, Minggu, mengajak semua masyarakat, khususnya kepala daerah atau bupati dan wali kota untuk menjaga lahan gambut tersebut.
 
Menurutnya, lahan gambut di Sumsel berdampak sangat besar apabila dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab.
 
"Karhutla yang terjadi saat ini di Sumsel penyebabnya ialah perusakan lahan gambut yang dibakar," kata Deru usai menghadiri acara Pameran Produk Unggulan Restorasi Gambut 2023 di Palembang.
 
Ia meminta kepala daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk tidak mengalihfungsikan lahan gambut dengan tidak bijaksana dan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.
 
Ia menambahkan luas lahan gambut di Sumsel, menjadi incaran bagi investor untuk berinvestasi.
 
"Pemerintah kabupaten dan kota harus selektif dalam mengelola izin dan tidak mudah memberikan izin investasi lahan gambut," katanya.
 
Pada dasarnya lahan gambut jika dimanfaatkan dengan cara benar dapat menjadi ladang asal jangan dirusak.
 
"Kita harus berprinsip sama seperti BPPD, kalau kita jaga alam, alam juga akan menjaga kita,” ujarnya.
 
 
Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut, dan Mangrove Republik Indonesia Tris Raditian mewakili Kepala BRGM mengharapkan luasnya lahan gambut di Sumsel membuat masyarakat bisa belajar untuk menghasilkan produk - produk yang mampu bersaing, sehingga mampu membangkitkan inspirasi bagi daerah lainnya yang berada di kawasan lahan gambut.
 
"Masyarakat Sumsel harus percaya diri karena produk yang dihasilkan melalui restorasi gambut di Sumsel sudah sangat baik," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur Sumsel ajak masyarakat jaga 1,3 juta hektare lahan gambut