Gubernur Deru dorong Kriya Sriwijaya tingkatkan kretivitas UMKM

id sumsel,perajin umkm,kriya sriwijaya,pemprov sumsel

Gubernur Deru dorong Kriya Sriwijaya tingkatkan kretivitas UMKM

Ketua Dekranasda Sumsel Febrita Listia Herman Deru menyaksikan pembuatan tenun kain songket. (ANTARA/HO-Dekranasda Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mendorong Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi setempat melalui Kriya Sriwijaya untuk meningkatkan kreativitas para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Saya berharap agar Kriya Sriwijaya dapat memberikan edukasi kepada para pengrajin untuk berkembang mengikuti perubahan zaman dengan meningkatkan kreativitas pada produk yang dihasilkan tanpa meninggalkan orisinalitas dari kerajinan yang dihasilkan," kata dia di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan Kriya Sriwijaya merupakan wadah bagi pelaku UMKM se-Sumsel untuk mengenalkan produk kerajinan tangan dan kebudayaan dari seluruh kabupaten dan kota, baik berupa benda maupun tak berbenda.

Selain itu, Kriya Sriwijaya dibentuk untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan kearifan lokal agar dapat terus dilakukan dengan menghadirkan para pengrajin yang dapat mentransfer ilmu mereka ke generasi selanjutnya.

"Kriya Sriwijaya mempunyai tanggung jawab moril agar secara estafet kebudayaan dan hasil kerajinan tangan lokal dapat diterima dari generasi ke generasi, agar tetap terjaga kearifan lokal ini," katanya.

Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru menjelaskan Kriya Sriwijaya dibentuk karena banyaknya para pengrajin kabupaten dan kota di Sumsel yang mengalami permasalahan dalam memasarkan kerajinan tangan mereka, terutama saat pandemi COVID-19.

"Kami bersama pemerintah dan instansi terkait berinisiatif untuk membentuk Kriya Sriwijaya. Selain untuk menampilkan kerajinan tangan hasil pengrajin lokal, tempat edukasi, serta promosi bagi para pelaku UMKM di Sumsel," katanya.

Ia mengatakan Kriya Sriwijaya juga menggandeng desainer lokal yang ada di Sumsel, yang selanjutnya diajak untuk berkreasi menggunakan produk hasil kerajinan tangan lokal dan memasarkan produk.

"Semoga upaya-upaya yang telah kami lakukan ini dapat bermanfaat serta membuat kerajinan tangan lokal dapat dikenal secara nasional maupun internasional," kata dia.