Ogan Komering Ulu ganti bansos sembako dengan uang Rp200.000

id Bansos sembako, diganti bantuan tunai, Rp200.000 per KK, 20 ribu warga, terdampak COVID-19,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara pale

Ogan Komering Ulu ganti bansos sembako dengan uang Rp200.000

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengganti bantuan sosial (bansos) dalam bentuk bahan kebutuhan pokok kepada warga terdampak COVID-19 di wilayah setempat dengan uang sebesar Rp200.000/kepala keluarga (KK).

"Bansos tahap II ini akan diganti dengan bantuan tunai," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan, bantuan sosial tahap I untuk warga kurang mampu terdampak COVID-19 yang sebelumnya disalurkan dalam bentuk bahan pokok senilai Rp200.000,  namun sekarang akan diganti dengan bantuan tunai.

"Tujuannya agar dana bantuan yang diberikan dapat digunakan oleh masyarakat sesuai kebutuhan," katanya.

Dia mengemukakan bansos tahap II dalam bentuk bantuan uang tunai ini diperuntukan bagi 20 ribu warga kurang mampu terdampak COVID-19 yang sebelumnya sudah terdata di Dinas Sosial OKU.

Terkait jadwal penyaluran bantuan tersebut, kata dia, akan secepatnya disalurkan kepada 20 ribu warga yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

"Secepatnya akan disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan di OKU," tegasnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat khususnya yang terdampak COVID-19," ujarnya.