Makanan yang didonasikan bagi tenaga medis harus bernutrisi seimbang

id Makanan ,Tenaga medis,Nutrisi seimbang,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Makanan yang didonasikan bagi tenaga medis harus bernutrisi  seimbang

Master Chef Indonesia Judge Degan Septoadji di Graha BNPB, Jakarta pada Sabtu (28/3/2020). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Master Chef Indonesia Judge Degan Septoadji menyarankan agar makanan-makanan yang didonasikan untuk mendukung tenaga medis yang berjuang melawan COVID-19 haruslah seimbang dari segi nutrisi.

"Kita harus pastikan bahwa masakan itu seimbang dari segi nutrisi. Harus ada unsur karbohidrat seperti nasi, kentang, mie atau pasta. Kemudian harus ada unsur serat atau sayuran yang segar, lalu terdapat unsur protein seperti tahu, tempe, ikan, daging atau ayam," ujar Degan Septoadji di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu.

Chef Degan juga menambahkan bahwa yang juga penting adalah cara memasaknya, jadi jangan semua bahan masakan digoreng. semua dilakukan secara seimbang di mana ada masakan ada yang digoreng, dikukus dan juga dipanggang. Ini semua istilahnya metode memasak atau cooking method yang sehat.

"Pertama kali yang paling penting yang harus kita lakukan adalah kita harus sehat. Jadi kalau kita ingin memberi sesuatu, khususnya makanan, kita harus sehat," katanya.

Selain itu, orang yang memasak makanan untuk diberikan kepada para tenaga medis harus bersih, jadi menjaga kebersihan diri sendiri itu sangat penting seperti cuci tangan di setiap saat. Kemudian pakaiannya juga bersih dan alat-alat memasak harus dijaga kebersihannya.

"Saat kita harus memilih bahan-bahan makanan, ini juga harus kita pastikan sumbernya itu bersih. Dan kita juga harus memilih bahan-bahan masakan yang baik dan kualitasnya bagus," ujar tersebut.

Sebelumnya Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsan menganjurkan masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan E untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah ancaman virus corona atau COVID-19.

Kemudian juga sayur-sayuran yang mengandung vitamin C di antaranya yang memiliki daun hijau tua. Misalnya, daun singkong yang dapat menunjang kekebalan tubuh.

Namun, ia mengatakan sistem kekebalan tubuh tentunya tidak hanya tergantung pada makanan sumber vitamin C saja, melainkan juga tergantung pada makanan yang kaya akan zinc.*

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar