Desa Batumarta OKU bangun bronjong dan saluran air antisipasi banjir

id Desa Batumarta,OKU,Sumsel,bronjong,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Desa Batumarta OKU bangun bronjong  dan saluran air antisipasi banjir

Pembangunan bronjong sebagai penahan tanah guna mengantisipasi longsor. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Desa Batumarta Unit I, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019 ini akan membangun bronjong dan saluran air guna mengantisipasi banjir saat musim hujan.

Kepala Desa Batumarta Unit I, Ogan Komering Ulu (OKU), Taufik di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa pembangunan bronjong dan saluran air ini akan dibangun menggunakan dana desa tahap III tahun anggaran 2019.

"Pembangunannya menunggu pencairan dana desa tahap III yang diprediksi akan terealisasi pada November 2019," katanya.

Dia menjelaskan, untuk bronjong nantinya akan dibangun di Dusun Triharjo 05 desa setempat dibagian tanah tinggi sebagai penahan agar tidak longsor.

"Sedangkan untuk saluran air akan dibangun di Blok S Desa Batumarta I," katanya.

Dia mengemukakan, program pembangunan yang nantinya dikerjakan secara swakelola masyarakat setempat ini merupakan usulan dari warga desa itu sendiri guna mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor saat musim hujan.

"Hasil musyawarah bersama masyarakat kami sebelumnya mengusulakan agar di desa kami dibangun bronjong dan saluran air," katanya.

Sementara untuk program pembangunan fisik ditahun 2020 mendatang, pihaknya akan membangun jaringan pipa Pamsimas, saluran air, jalan setapak, plat deker, sumur bor dan talud.

"Program pembangunan tahun 2020 ini merupakan hasil musyawarah dan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang diprioritaskan akan dibangun tahun depan," demikian Taufik.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar