Pulau Maspari akan jadi kawasan percontohan pembibitan ikan di Sumsel

id Pulau Maspari ,pusat pembibitan ikan,Wakil Gubernur Sumatera Selatan,Mawardi Yahya,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, a

Pulau Maspari akan jadi kawasan percontohan pembibitan ikan di Sumsel

Pulau Maspari. (Ist)

Palembang (ANTARA) - Kawasan obyek wisata Pulau Maspari di Pantai Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, akan dijadikan proyek  percontohan pembibitan ikan karena potensi dan lokasinya cukup bagus.

"Sekarang ini sudah ada tempat pembibitan ikan di kawasan  itu, namun akan dikembangkan lagi," kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu.

Apalagi, lanjutnya, pulau yang berbatasan dengan selat Bangka Belitung itu potensinya sangat bagus untuk pembibitan ikan. Pihaknya telah melakukan kunjungan langsung ke Pulau Maspari dan memang lokasinya sangat cocok untuk pembibitan.

Bahkan, lanjut dia, Pulau Maspari yang lokasinya lebih dekat dengan Pulau Bangka dibanding Kota Palembang tersebut menjadi salah satu lokasi dijalur lalu lintas laut internasional.

Oleh karena itu, pihaknya bersama Kapolda Sumatera Selatan dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut telah melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan pos terpadu perikanan.

"Jadi karena wilayah pelintasan arus internasional maka keberadaan harus dijaga," ujar dia.

Sementara upaya dalam mengembangkan pembibitan ikan dan udang tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan telah melakukan studi banding seperti ke Batam, mengingat daerah di Kepulauan Riau tersebut terdapat lokasi pembibitan ikan yang besar. Mereka melihat langsung langsung tata cara pembibitan ikan dan udang.

"Dengan dijadikannya Pulau Maspari sebagai tempat pembibitan ikan dan udang itu maka hasil perikanan di daerah ini semakin banyak," tambah dia.