Gubernur Sumsel akan utamakan tenaga kerja lokal

id Herman Deru,Gubernur Sumatera,tenaga kerja lokal, kata Gubernur Sumsel,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Gubernur Sumsel akan utamakan tenaga kerja lokal

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTARA News Sumsel/Susiawati)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, pihaknya akan mengutamakan tenaga kerja lokal dan itu akan diperkuat melalui peraturan gubernur yang bakal diberlakukan awal 2019.

Setiap perusahaan yang berada di Sumatera Selatan (Sumsel) nantinya harus mengutamakan tenaga kerja lokal, kata Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Dia mengatakan, hal ini karena Pemerintah Provinsi Sumsel akan mengeluarkan peraturan gubernur antara lain mengatur setiap perusahaan yang beroperasi di daerah ini harus memperkejakan sumber daya manusia lokal.

Ini penting dan juga membantu masyarakat dalam mendapatkan lapangan kerja, ujar dia.

Sehubungan dengan hal itu pihaknya akan mengeluarkan Peraturan Gubernur sehingga setiap investasi maupun usaha yang masuk di Sumsel akan memanfaatkan atau merekrut tenaga kerja lokal.

"Mulai tahun depan diberlakukan dimana setiap investasi atau apapun usaha yang masuk di Sumsel harus mengutamakan tenaga lokal dan kita akan buatkan pergubnya,"kata gubernur.

Dia mengatakan, Pergub tersebut sebagai payung hukum yang mewajibkan setiap investasi mengutamakan tenaga lokal.

"Nantinya semua investasi baik asing mapun lokal yang masuk harus memakai SDM Sumsel. Mereka harus menggunakan tenaga kerja lokal, baik itu investor asing maupun investor tanah air," kata dia.

Menurut gubernur, kesemuanya itu tidak lain untul memberdayakan tenaga kerja asli lokal karena di Sumsel banyak SDM yang berkualitas tapi belum terpakai.

Dengan adanya Pergub nanti diharapkan tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai bidangnya di daerah ini dapat terserap.

Namun yang lebih penting lagi Pergub tersebut untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat Sumsel, tambah dia.