Polres OKU gelar tes urine anggota menggunakan sampel Saliva

id Tes urine, sampel Saliva, penyalahgunaan narkoba, Polres OKU

Polres OKU gelar  tes urine anggota menggunakan sampel Saliva

Polres OKU tes urine anggota menggunakan sampel Saliva, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor(Polres) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggelar tes urine bagi anggota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Polres setempat menggunakan sampel Saliva untuk memastikan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Tes urine secara mendadak ini guna memastikan jajaran Polres OKU bebas dari narkoba," kata Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni melalui Kasi Propam, AKP Hendry Hardi di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan pihaknya melibatkan tenaga kesehatan dari Tim Sie Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres OKU guna memeriksa urine anggota secara bergantian.

Pemeriksaan narkoba dilakukan dengan sampel Saliva yang merupakan salah satu spesimen alternatif yang paling banyak digunakan.

"Dalam penerapan sampel Saliva tidak memerlukan keterampilan khusus atau wadah tertentu," jelasnya.

Dia menjelaskan, konsentrasi zat dalam saliva lebih representatif terhadap konsentrasi zat dalam darah dibandingkan dengan sampel urine yang dapat memberikan hasil tes yang lebih akurat.

"Dengan metode ini diharapkan dapat memberikan hasil yang akurat dari hasil tes sampel urine karena dilakukan langsung melalui sel darah," ujarnya.

Sementara, Kasi Dokkes Polres OKU, dr Masnura menambahkan, saliva dapat dilakukan dengan cara donor dengan man adsorben atau pad di bawah lidah atau antara gusi dan pipi selama 2-5 menit.

Kemudian sampel bisa diperiksa langsung atau disimpan dalam diluent atau bahan pengawet untuk diantar dengan suhu penyimpanan bisa dengan suhu ruangan atau 4°.

"Tes pemeriksaan narkoba kali ini dengan uji sampel Saliva yang dapat memberikan hasil yang akurat bagi personel yang menggunakan atau mengkonsumsi narkoba. Sejauh hasil tes urine anggota masih negatif," tegasnya.