Gubernur: Dorong UMKM cepat berkembang

id Herman Deru,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,umkm,ukm,perekonomian daerah,gubernur sumsel

Gubernur: Dorong UMKM cepat berkembang

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru. (Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendukung sepenuhnya sekaligus mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut supaya cepat berkembang.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting bagi masyarakat karena itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus perekonomian daerah, kata gubernur di Palembang, Senin.

Bukan itu saja, lanjut Herman, UMKM merupakan perusahaan yang paling tidak goyah serta mampu bertahan walaupun dalam kondisi ekonomi kurang menguntungkan.

Dia mengakui terkadang UMKM masih kurang jeli menangkap pangsa pasar dan mendorong bisnis mereka sehingga itu perlu dimaksimalkan.

Gubernur mengatakan, saat dirinya berkeliling kabupaten sewaktu menjadi bupati sering ditemui sebagian besar pedagang kecil masih kurang fokus membaca peluang pasar.

Masih ada dijumpainya warung nasi juga ikut menjual pakaian dan barang dagangan lain yang tidak berhubungan satu sama lainnya, kata dia.

Oleh karena itu, menurut dia, semangat para UMKM ini perlu terus didorong karena modern tidak menjadi jaminan bahwa bisnis mereka akan laku jika tidak jeli membaca pangsa pasar.

Sehubungan itu dirinya mengaku sangat berterimakasih pada Sampoerna Retail Community (SRC) bergerak berdampingan dengan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk mendorong para pelaku UMKM di daerah ini.

Pihaknya akan mendorong sepenuhnya supaya UMKM di daerah ini semakin berkembang, kata gubernur.

Sementara Manager Stakeholder Regional Relation and CSR PT HM Sampoerna Tbk Arief Triastika saat pertemuan dengan gubernur mengatakan, SRC dibentuk untuk mendampingi secara terus menerus bagi pelaku UMKM di wilayah Regional Sumsel.

Bukan hanya pelatihan saja, tapi kami beri mereka tips usaha dan cara mengembangkan usaha retail sampai bagaimana mereka membuka jejaring antar pedagang, tambah dia.