Polda pantau titik api cegah kebakaran hutan

id kebakaran lahan,kebakaran hutan,Irjen Pol Zulkarnain,polda sumsel,pencegahan kebakaran lahan,berita sumsel,berita palembang,berita antara

Polda pantau titik api cegah kebakaran hutan

Arsip- Anggota gabungan berusaha menuju titik api untuk memadamkan kebakaran lahan. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jajaran Polda Sumatera Selatan terus memantau perkembangan titik api untuk mencegah supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah yang banyak terdapat lahan gambut tersebut.

"Pemantauan titik terus dilakukan terutama di daerah rawan terbakar sekaligus bila timbul dilaksanakan pemadaman," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain di Palembang, Sabtu.

Memang, lanjut dia, pihaknya salah satu tim dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Bukan saja di sisi penegakan hukum, tetapi pihaknya juga termasuk tim dalam satuan tugas pencegahan kebakaran hutan dan lahan, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya terus melakukan pencegahan, seperti melaksanakan patroli untuk melihat perkembangan titik api, kata dia.

Dia mengatakan, memang pencegahan penting mengingat lahan hutan dan gambut di daerah ini masih sangat luas.

"Apalagi lahan gambut bila terbakar sulit untuk dipadamkan sehingga cegah dini lebih utamakan," kata dia.

Bukan itu saja tetapi beberapa waktu lalu terjadi kebakaran lahan di sekitar jalan Tol Palembang - Indralaya.

Akibat kebakaran tersebut asap sudah mulai timbul terutama pada pagi hari.

"Sehubungan itu pihaknya melakukan pencegahan melalui pemadaman bila titik api timbul," ujar dia.

Sementara untuk bom air melalui heli sekarang ini terus dilakukan dalam pencegahan supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.