Danrem Gapo pantau daerah rawan kebakaran hutan

id danrem, danrem gapo, kebakaran hutan dan lahan, sungai, lahan, kebakaran, perairan sungai, sungai musi

Danrem Gapo pantau daerah rawan kebakaran hutan

Arsip - Petugas gabungan BPBD Ogan Ilir, PBK, Manggala Agni, TNI dan Polri berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (21/3). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo melakukan patroli memantau daerah rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di kawasan perairan Sumatera Selatan.

Danrem bersama tim menggunakan perahu mesin melakukan patroli menelusuri pantai pesisir tiga kabupaten yakni Ogan Ilir, Banyuasin, dan Penungkal Abab Lematang Ilir, Sabtu.

Selain menelusuri sungai, Danrem juga melakukan patroli darat menggunakan sepeda motor trail.

Dia mengatakan, patroli menggunakan spedboad dari Dermaga Bekangdam II/Sriwijaya dengan menelusuri daerah-daerah rawan kebakaran di pinggiran Sungai Musi yang meliputi tiga kabupaten itu.

Sementara khusus memantau wilayah di daratan, lanjut dia, sesekali tim patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan turun menggunakan motor trail yang dibawanya untuk menjangkau wilayah darat yang rawan kebakaran.

Dia mengatakan, patroli itu guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan secara terpadu yang dilakukan Korem 044/Garuda Dempo untuk mendukung program Sumatera Selatan bebas asap, khususnya menjelang perhelatan Asian Games XVIII pada Agustus 2018.

Selain meningkatkan patroli secara intensif guna mengantisipasi kebakaran hutan, ujar dia, juga para peserta dalam perjalanan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan.

Sosialisasi yang dilakukan berupa bahaya dan ancaman terhadap pembakaran lahan dan imbauan agar masyarakat meninggalkan cara membuka lahan dengan membakar, ujar Danrem.

"Oleh karena itu mari kita secara bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hutan supaya tidak terbakar," ujar dia.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games kabut asap tidak boleh terjadi seperti pada 2015, tambah dia.