Pangdam Sriwijaya buka manunggal membangun desa

id pangda, manunggal desa

Pangdam Sriwijaya buka manunggal membangun desa

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Nugroho (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Panglima Daerah Militer II/Sriwijaya Mayor Jendreal Nugroho Widyotomo membuka program TNI Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Musibanyuasin, Rabu.

Pangdam mengatakan, program TNI Manunggal Membangun Desa merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Pemerintah Daerah, swasta dan segenap komponen masyarakat lainnya.

Melalui Program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem menyerapan dari bawah.

Oleh karena itu peran dan kerja sama yang erat dari semua pihak serta partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TNI Manunggal Membangun Desa.

Program TNI Manunggal Membangun Desa dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, ujar dia.

Selain itu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Menurut dia, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagai wujud ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai hakikat ancaman.

Hal ini karena programn tersebut sebagai wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah.

Namun, yang tidak kalah pentingnya untuk mempercepat pembangunan desa sehingga pembangunan menjadi merata. (ANT-U005)