Di Bogor motor sampah jadi perpustakaan keliling

id Bogor, Motor sampah, perpustakaan keliling, Ramadan, Taman Manunggal

Di Bogor motor sampah jadi perpustakaan keliling

Wali Kota Bogor Bima Arya (berdiri di samping kanan, baju hitam) saat melihat antusiasme anak-anak membaca buku di motor sampah yang 'disulap' jadi perpustakaan keliling di Taman Manunggal, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Sabtu (1/4/2023). (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menyulap motor sampah (Mosam) menjadi perpustakaan keliling yang melayani masyarakat di tempat-tempat berkumpul pada sore hari saat Ramadhan atau ngabuburit di Lapangan Manunggal, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat.

Wali Kota Bogor Bima Arya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Bogor, Minggu, mengatakan pojok membaca dengan memanfaatkan Mosam tua ini merupakan gerakan untuk meningkatkan literasi membaca masyarakat.

"Ini bagus sekali ya, memanfaatkan fasilitas yang ada diubah dan ini motornya juga masih bisa berjalan," kata Bima Arya.



Ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Kelurahan Menteng dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor menyulap Mosam tua menjadi perpustakaan keliling.

Mosam tahun 2017 di Kelurahan Menteng yang sudah tidak lagi dipakai itu disulap menjadi perpustakaan berjalan, dengan dibersihkan terlebih dahulu dan didesain sedemikian rupa, sehingga memiliki fasilitas untuk menyimpan buku dan untuk anak-anak membaca.