TMMD bantu buka akses jalan pertanian dan wisata di Kabupaten OKU Sumsel

id TNI Manunggal Membangun Desa, akses jalan pertanian, petani karet, jajaran TNI, Kodim 0403 OKU,TMMD buka akses jalan per

TMMD bantu buka akses jalan pertanian dan wisata di Kabupaten OKU Sumsel

PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah dalam kegiatan TMMD ke 117 tahun 2023 di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Jumat (14/7). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023 membuka akses jalan pertanian dan wisata di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat di Kecamatan Lengkiti yang mayoritas berprofesi sebagai petani karet karena dapat mempermudah mengangkut hasil kebun.

"Kami sangat berterimakasih kepada jajaran TNI karena kegiatan TMMD sangat berdampak besar bagi masyarakat, terutama para petani," kata Kepala Desa Karang Endah, Kabupaten OKU, Cik Ani di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan, kegiatan TMMD yang dilaksanakan TNI Kodim 0403 OKU tersebut membangun jalan dengan lebar 8 meter dan panjang 5 kilometer sebagai akses jalan untuk masyarakat di wilayah itu.

Jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat karena selama ini mereka kesulitan mengangkut hasil kebun mengingat akses jalan sempit hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Dengan adanya akses jalan baru ini tentunya mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil kebun sekaligus dapat menekan biaya pertanian.

Selain pertanian, kata dia, dalam kegiatan TMMD tersebut juga dibuka akses jalan menuju Objek Wisata Batu Ampar yang menjadi potensi wisata di Desa Karang Endah.

"Dengan adanya jalan ini diharapkan Wisata Batu Ampar dapat berkembang dan menjadi wisata andalan Desa Karang Endah," ujarnya.

Sementara, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Hari Feriawan Rumawatine sebelumnya mengatakan kegiatan TMMD ke 117 tahun 2023 dilaksanakan di Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti mulai 12 Juli 2023 hingga 10 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 200 personel gabungan terdiri atas anggota Kodim 0403 OKU, Yon Armed 15/105, Yon Kavaleri, Yonzipu2 2/SG, Lanal Palembang, Lanud Palembang, Polres OKU, Tim Penyuluh, Tim Teknis, Tim Kesehatan dan masyarakat Desa Karang Endah.

Sasaran kegiatan tersebut yaitu fisik dan non fisik yang sedang dikerjakan meliputi pembukaan jalan dengan lebar 8 meter dan panjang 5 Km di Kecamatan Lengkiti.

"Saat ini pengerjaan jalan telah terbuka sepanjang 3.120 meter dan diyakini dapat selesai hingga batas waktu yang telah ditentukan," ujar dia.