Pemkab Muara Enim apresiasi program TNI-AD Manunggal Air 2024

id Sumsel, muara enim

Pemkab Muara Enim apresiasi program TNI-AD Manunggal Air 2024

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan menyambut bait program TNI AD Manunggal Air tahun 2024 yang digelar di Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. (Antara/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan menyambut bait program TNI AD Manunggal Air tahun 2024 yang digelar di Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.

Hal itu disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Eko Purwanto, Selasa.

"Program ini merupakan wujud kerja sama, sinergitas dan dukungan lintas sektoral, khususnya Kodim 0404 Muara Enim dengan pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Muara Enim," kata Eko.

Ia menyebutkan  di Kabupaten Muara Enim sejauh ini terdapat 6 lokasi yang menjadi titik program TNI Manunggal Air.

Pembukaan program itu dilakukan oleh Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjutak melalui zoom meeting yang juga dihadiri oleh  Dandim 0404 Kol Inf Nugraha.

Dandim 0404 dalam sambutannya mengatakan air merupakan bagian dari kehidupan bagi makhluk hidup khususnya manusia. Baik itu untuk diminum, kegiatan sehari-hari bahkan perputaran perekonomian yang dimanfaatkan pada sektor pertanian, perkebunan dan kegiatan lainnya.


Tak sampai disini, dirinya menghimbau kepada jajaran Danramil untuk mendata lokasi lainnya yang membutuhkan sumber air bersih agar ke depan dapat menjadi salah satu lokasi program TNI Manunggal Air Bersih.

Sebagai salah satu sumber daya alam, lanjutnya, air sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat untuk dimanfaatkan dalam pertanian, peternakan, perdagangan, industri, rumah tangga dan aktivitas lingkungan lainnya.

Melalui TNI Manunggal Air ini lah Kodim 0404 bersama Pemkab Muara Enim hadir ditengah-tengah masyarakat guna memenuhi kebutuhan air bersih.

"Kami mengharapkan program TNI AD Manunggal Air di Kabupaten Muara Enim bisa terus memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat dan utamanya ditingkatkan kapasitasnya agar dapat mencakup daerah-daerah lainnya guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Eko.

Kemudian Staf Ahli Eko mengajak seluruh stakeholder dan utamanya masyarakat untuk senantiasa mendukung program TNI AD Manunggal Air agar program ini dapat berjalan dengan baik, tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa Keban Agung dan sekitarnya.

Acara ditutup dengan peninjauan lokasi sumur bor air bersih dan penanaman bibit pohon duren secara simbolis oleh Staf Ahli, Dandim 0404, Kapolres Muara Enim, perwakilan Kajari, Kepala Perangkat Daerah serta perwakilan BUMN/BUMS/BUMD lingkup Kabupaten Muara Enim.