Ogan Komering Ulu siaga bencana Karhutla

id Siaga karhutla, Ogan Komering Ulu, bentuk tim satgas, tim relawan api, siaga bencana

Ogan Komering Ulu siaga  bencana Karhutla

Pemkab OKU menggelar sosialisasi Kesipasiagaan menghadapi bencana Karhutla, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, siaga menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah setempat saat musim kemarau dengan membentuk tim satgas dan relawan api.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristofa di Baturaja, Senin, mengatakan bahwa saat ini telah terbentuk tim satgas karhutla dan relawan api di Kecamatan Lengkiti dan Sosoh Buay Rayap guna mengantisipasi terjadinya karhutla.

Masyarakat peduli api di Kecamatan Lengkiti ini merupakan mitra pemerintah yang terbentuk dari berbagai elemen yang bertugas mengoptimalkan peran masing-masing dalam pengendalian karhutlah.

Dia menjelaskan, tujuan dibentuk relawan api dan satgas karhutla ini guna mengoptimalkan jika terjadi karhutla di wilayah masing-masing.

  Sebab, kata dia, deteksi dini karhutlah harus dilakukan oleh masyarakat yang berada paling dekat dengan lokasi kejadian.

"Jadi, dibentuknya satgas karhutla dan relawan api ini karena di Kabupaten OKU masih banyak terdapat hutan dan lahan gambut yang mudah terbakar," kata dia.

Sementara itu, Camat Sosoh Buay Rayap, M Amin Baladi menambahkan total satgas karhutla desa yang sudah terbentuk di kecamatan setempat tersebut yaitu berjumlah 121 orang.

Hampir setiap desa di kecamatan tersebut, lanjut Amin, memiliki 10 orang satgas yang siaga menanggulangi karhutla di wilayah setempat.

"Sejauh ini kami mencatat empat kejadian karhutla di empat desa di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, diantaranya Desa Penyandingan dan Lubuk Leban. Namun, peristiwa tersebut dapat kami atasi sehingga api tidak menyebar luas," ujar dia.*

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar