Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Muara Enim

id sumsel. muara enim,hari pendidikan nasional

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Muara Enim

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2024 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Kamis (02/05/2024). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2024 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Kamis (02/05/2024).

Upacara yang berlangsung kurang lebih 30 menit tersebut diikuti perwakilan tenaga pendidik dan perwakilan siswa dari seluruh sekolah di Kabupaten Muara Enim termasuk para ASN di lingkungan  Pemkab Muara Enim.

Sekda Muara Enim membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengingatkan bahwa selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 26 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Gerakan Merdeka Belajar merupakan sejarah baru yang tercipta melalui kerjasama semua pihak dalam dunia pendidikan di Indonesia. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak.

“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar- benamya dalam belajar dan bercita-cita,” tegasnya.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.