KPU OKU optimistis proses coklit selesai tepat waktu

id Proses coklit KPU OKU, mencapai 80 persen,kpu oku,pilkada oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palem

KPU OKU optimistis  proses coklit selesai tepat waktu

Ilustrasi Pilkada serentak 2020 (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan optimis proses pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan serentak oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di wilayah setempat selesai tepat waktu sebelum 13 Agustus 2020.

"Proses coklit di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini sudah mencapai 80 persen," kata Ketua Komisioner KPU OKU Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Rahmat Hidayat di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan, dalam melaksanakan proses coklit pihaknya menyebar sekitar 725 PPDP guna melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di seluruh TPS di Kabupaten OKU.

"Satu TPS kami tugaskan satu orang petugas PPDP. Target kita coklit ini akan selesai tepat waktu," tegasnya.

Menurut dia, selama proses pencoklitan kendala yang dihadapi petugas PPDP di lapangan salah satunya yakni pemilih yang tercantum dalam A.KWK atau daftar pemilih tidak sesuai dengan TPS domisili pemilih.

"Namun kendala tersebut bisa diatasi oleh para petugas. Kalau untuk di daerah pelosok, pencoklitan sudah kami kondisikan. Petugas PPD tinggal memastikan pemilih tersebut," jelasnya.

Jika ada masyarakat yang belum terdaftar dalam coklit petugas, Rahmat mengatakan masyarakat dapat berkoordinasi langsung dengan PPDP setempat agar bisa dimasukan dalam A.A.KWK sehingga bisa terdaftar.

“Atau bisa dicek dulu di situs KPU yakni lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Jika sudah terdaftar maka masyarakat bisa berkoordinasi ke petugas PPDP sehingga bisa langsung didaftarkan," ujarnya.