Ini alasan Bawaslu melakukan uji petik

id coklit,pemilu 2024,uji petik, uji petik, petugas, petugas pantarlih

Ini alasan Bawaslu melakukan uji petik

Petugas Pantarlih melakukan coklit data pemilih untuk Pemilu 2024 di rumah warga. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Bawaslu akan melakukan uji petik dengan mengunjungi kembali rumah yang sudah didatangi pantarlih, sehingga daftar pemilih tetap (DPT) yang dihasilkan nanti oleh KPU menjadi lebih akurat.

Bawaslu Kota Palembang memiliki panwascam sebanyak 161 orang, dengan rincian untuk tingkat kecamatan 54 orang, dan tingkat kelurahan 107 orang.

“Memang kami keterbatasan sumber daya manusia (SDM), namun itu tidak mengurangi semangat dalam mengawasi pelaksanaan semua tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan oleh KPU,” ucap  Ketua Bawaslu Kota Palembang M Taufik di Palembang.

Masyarakat dapat melaporkan jika ada petugas pendaftaran pemilih (pantarlih) melakukan hal-hal yang tidak sesuai prosedur dalam melakukan tugasnya.

Bawaslu juga melakukan pengawasan melekat dalam proses pemutakhiran data yang dilakukan pantarlih sebagai antisipasi agar masyarakat tidak kehilangan hak pilihnya.

“Bawaslu ikut melakukan pengawasan melekat kepada pantarlih untuk mengetahui apakah mereka benar melaksanakan tugasnya,” katanya.