Polisi halau puluhan kendaraan pemudik di perbatasan Rejang Lebong-Kota Lubuklinggau

id Polres Rejang Lebong,halau pemudik,polisi halau pemudik,larangan mudik,mudik,pulang kampung,covid-19,virus corona

Polisi halau puluhan kendaraan pemudik di perbatasan Rejang Lebong-Kota Lubuklinggau

Pemeriksaan kendaraan oleh ptugas Pospam Watas di perbatasan Rejang Lebong-Kota Lubuklinggau, Sumsel. (ANTARA-HO Humas Polres Rejang Lebong)

Kita membedakan antara pulang kampung dan mudik, untuk pulang kampung misalnya orang yang terdampak COVID dan menjadi korban PHK atau pengurangan karyawan sehingga akan kembali ke Bengkulu. Untuk orang seperti ini kita perbolehkan
Rejang Lebong (ANTARA) - Kepolisian Resor Rejang Lebong, Polda Bengkulu, menyatakan telah menghalau puluhan kendaraan pemudik yang akan masuk ke wilayah itu di perbatasan Rejang Lebong-Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dheny Budhiono melalui Kabag Ops AKP Margopo di Mapolres Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan para pemudik yang diketahui menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi tersebut terjaring oleh petugas di Pospam Watas yang berada di perbatasan Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Sudah ada puluhan kendaraan pemudik yang akan masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu yang disuruh putar balik oleh petugas Pospam Operasi Ketupat Nala 2020 di perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dengan Kota Lubuklinggau, Sumsel," ujar dia.

Pospam Watas ini kata dia, didirikan dalam rangka Operasi Ketupat Nala 2020 yang bertugas menjaga pintu masuk Provinsi Bengkulu yang berada di perbatasan kedua daerah guna mencegah penyebaran virus Corona baru atau COVID-19 yang berkemungkinan di bawa pendatang dari luar daerah yang akan mudik.

"Kita membedakan antara pulang kampung dan mudik, untuk pulang kampung misalnya orang yang terdampak COVID dan menjadi korban PHK atau pengurangan karyawan sehingga akan kembali ke Bengkulu. Untuk orang seperti ini kita perbolehkan, namun mereka akan kita data dan datanya kita kirimkan ke polsek wilayah tempat tinggalnya masing-masing," urainya.

Petugas Pospam perbatasan ini bertindak sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan serta dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan sarung tangan karet, sedangkan untuk pemeriksaan kesehatannya dilakukan oleh petugas Dinkes Rejang Lebong.

Ditambahkan dia, pada pelaksanaan Operasi Ketupat Nala 2020 terhitung 24 April sampai 31 Mei mendatang pihaknya selain bertugas menjaga keamanan masyarakat selama bulan puasa Ramadhan dan hari Raya Idul Idul Fitri yang biasanya diisi oleh tradisi mudik juga upaya pencegahan COVID-19.

Polres Rejang Lebong sendiri dalam Operasi Ketupat Nala 2020 ini mengerahkan 110 personel yang ditempat dalam empat Pos Pengamanan atau Pospam terdiri dari Pospam Watas, Pospam Kontainer, Pospam Tanjung Aur dan Pospam Bang Mego. Sedangkan Pos Pelayanan (Posyan) didirikan di lokasi wisata Suban Air Panas serta Danau Mas Harun Bastari (DMHB).
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar