Dispora Ogan Komering Ulu gelar penyuluhan bahaya narkoba

id Penyuluhan narkoba Dispora OKU,baturajo,ogan komering ulu, mh,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini

Dispora Ogan Komering Ulu gelar penyuluhan  bahaya narkoba

Puluhan pemuda mengikuti penyuluhan bahaya narkoba. (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar kegiatan penyuluhan bahaya narkoba bagi pemuda di wilayah setempat.

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan puluhan peserta pemuda dari kalangan pelajar SMA dan SMK di Kabupaten OKU," kata Kepala Dispora Ogan Komering Ulu (OKU), Himni Rusdi didampingi Kabid Layanan Pemuda, Yatino di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba sekaligus memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis narkoba.

Selain itu, kata dia, penyuluhan ini juga untuk dilaksanakan guna menanamkan pentingnya peran agama dalam membentengi diri para pemuda terhadap pengaruh destruktif narkoba.

"Dalam penyuluhan ini juga para pemuda diberikan pemahaman sekaligus ancaman dan hukuman bagi pemakai dan pengedar narkoba," tegasnya.

Menurut dia, persoalan generasi muda saat ini sangat kompleks salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba dengan berbagai dampak negatifnya yang dapat merusak masa depan.

"Dampak bahaya penyalahgunaan narkotika dari tahun ke tahun semakin meningkat tidak terkecuali di Kabupaten OKU, dan hal ini sangat membahayakan pembangunan generasi muda," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, diperlukan penanganan terpadu dan serius oleh pihak terkait termasuk jajaran Pemkab OKU melalui kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita dapat menekan dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba ataupun obat-obatan terlarang lainnya di kalangan pemuda serta pelajar di Kabupaten OKU," ujarnya.

Sementara itu, IPDA Haryanto yang hadir sebagai pemateri mewakili Kapolres OKU menegaskan bahwa setiap tahunnya pihaknya menangkap ratusan pengguna dan pengedar narkoba di wilayah hukum polres setempat.

"Setiap tahun ratusan pengguna dan pengedar narkoba ditangkap, bahkan anggota polisi juga kami tangkap," tegas dia.

Menurut dia, penyalahgunaan narkoba pasti akan membuat masa depan suram karena narkoba akan merusak fungsi-fungsi organ tubuh baik itu otak, jantung dan saraf lainnya.

"Jadi jangan coba-coba dengan narkoba karena pasti akan merusak masa depan bagi yang terlibat di dalamnya," tegasnya.
 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar