Pasar ikan modern palembang ditargetkan selesai Desember 2019

id Pasar ikan modern palembang, pasar ikan modern, pasar ikan, kebutuhan ikan di palembang, ikan palembang, groundbreaking ,berita sumsel, berita palemba

Pejabat Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel saat Ground Breaking pembangunan Pasar Ikan Modern Palembang, Rabu (28/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Pembangunan Pasar Ikan Modern Kota Palembang ditargetkan selesai pada akhir Desember 2019 setelah sempat tertunda selama satu tahun sejak direncanakan pada Mei 2018.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprisal Hasim, Rabu, mengatakan Pasar Ikan Modern Palembang menjadi yang pertama di Sumsel mengusung teknologi dalam meningkatkan kenyamanan masyarakat saat berbelanja ikan.

"Konsepnya seperti mal, nanti ada drive thru ikannya, ada pusat olahan ikan dan transaksinya menggunakan uang elektronik," ujar Aprisal saat Ground Breaking Pasar Ikan Modern Palembang.

Menurut dia pasar ikan tersebut memiliki dari dua lantai yang terdiri dari lantai pertama sebagai pusat penjualan ikan basah sebanyak 80 lapak, kemudian lantai kedua digunakan untuk foodcourt sebanyak 60 lapak dilengkapi sarana edukasi dan kantor pengelola.

Bangunan pasar ikan modern memiliki luas lahan 9.000 meter persegi dan luas bangunan 6.000 meter persegi, mengusung konsep lokalitas yakni atap pasar berbentuk Limas seperti rumah adat dan bagian dinding akan dibuatkan corak songket.

Pasar ikan juga dibuat ramah untuk penyandang disabilitas dengan fasilitas khusus.

"Biaya pembangunan gedung totalnya Rp24 Miliar ditambah biaya fasilitas Rp4 Miliar," tambahnya.

Sembari membangun gedung, pihaknya menyeleksi sekitar 750 pedagang ikan yang akan mengisi pasar ikan modern tersebut.

"Kami memilih 180 pedagang saja, aturan berjualan di pasar modern cukup ketat di antaranya tidak boleh merokok karena ruangan dilengkapi AC, jadi harus yang benar-benar bisa mematuhi aturan," jelasnya.

Sebelum masuk pasar, pedagang yang lolos akan mengikuti berbagai pelatihan menyangkut kebersihan, keamanan ikan dan distribusi barang.

"Salah satu poin dari pasar ikan modern ini adalah harga ikannya harus lebih rendah dari pasar tradisional, tapi kualitasnya minimal setara," kata Aprisal.

Pasar ikan dibangun guna memenuhi kebutuhan ikan warga Kota Palembang yang mencapai 70 ton perhari, di mana sebagian besar menjadi pangan olahan khas yakni pempek.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar