Vihara jadi tempat wisata budaya warga saat Imlek

id vihara,wisata di vihara,imlek,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Umat Buddha melakukan penyalaan 1000 lilin sebagai rangkaian dari perayaan tahun baru Imlek di Vihara. ANTARA FOTO/Feny Selly/UJ

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Beberapa vihara di Jakarta, Selasa menjadi tempat wisata budaya warga saat liburan tahun baru China atau Imlek, meski mereka tidak merayakannya.

Warga asal Bogor Dion dan Azizah menggunakan kesempatan liburan kali ini untuk melihat umat Tridharma sembahyang di Vihara Dharma Sakti, Glodok, Jakarta.

"Memang sengaja liburan kali ini ke Glodok untuk melihat meriahnya perayaan Imlek, sambil menyicipi makanan khas Imlek," kata Azizah.

Kue keranjang menjadi salah satu makanan khas Imlek yang diincar oleh Azizah dan Dion. Selain itu mereka juga menikmati air bambu dan kue bulan.

Dion mengatakan dirinya senang melihat suasana Imlek yang dihiasi warna merah, dan dari Imlek dia belajar bahwa orang Tionghoa sangat menghargai leluhurnya.

Dari pantauan Antara, vihara-vihara di sekitar Glodok padat dikunjungi orang untuk berwisata. Mereka membawa sanak saudara untuk sekadar melihat upacara atau pun berfoto.

Tak lupa mereka menggunakan baju merah agar senada dengan umat Tridharma.

Rahmad Warodoyo, warga Tanggerang, yang datang sendirian sengaja menggunakan baju berwarna merah ke vihara Dharma Bhakti.

"Namanya lagi Imlek, saya juga pakai baju warna merah," kata dia.

Dia sengaja datang ke sana untuk berburu foto saat mereka sedang sembahyang dan juga ingin melihat atraksi barongsai.

Siswa SMA, Trias Politika bersama tiga temannya juga menyempatkan liburan untuk mengunjungi vihara Dhamra Jaya. Dia ke sana untuk mengerjakan tugas sekolah sambil liburan.

"Ini pertama kali saya ke vihara, saya jadi tahu budaya orang-orang Tionghoa saat merayakan Imlek," kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar