Museum Batik di Jakarta, ini koleksinya

id Museum Batik Indonesia,lokasi wisata jakarta,Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya

Museum Batik di Jakarta, ini koleksinya

Tim Museum Batik Indonesia menjelaskan kepada para pelajar terkait sejarah batik. ANTARA/HO-BLU-MCB

Jakarta (ANTARA) - Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU-MCB) menjadikan Museum Batik Indonesia sebagai salah satu pilihan lokasi wisata di Jakarta selama libur Lebaran 1445 Hijriah, khususnya bagi mereka yang berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Jika Anda berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, pastikan untuk meluangkan waktu mengunjungi Museum Batik Indonesia yang menawarkan pengalaman memukau bagi pengunjung dengan memperkenalkan keindahan dan koleksi batik Indonesia yang kaya," sebut keterangan resmi BLU-MCB di Jakarta, Sabtu.

BLU-MCB atau dikenal juga sebagai Indonesian Heritage Agency (IHA) merupakan unit pelaksana teknis Museum dan Cagar Budaya pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbudristek RI) dan saat ini bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan galeri serta 34 situs cagar budaya nasional.

Menurut pihak BLU-MCB, sebagai destinasi wisata edukasi, museum ini memamerkan pameran yang mengagumkan tentang kekayaan budaya batik Indonesia, menarik minat para pencinta seni dan budaya.

Kemudian, sebagai pusat pelestarian batik di Indonesia, Museum Batik Indonesia juga dapat menjadi wadah yang penting dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat lokal maupun internasional.

"Dengan suasana yang elegan dan inspiratif, museum ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang ingin merasakan keindahan dan makna yang terkandung dalam setiap motif batik yang dipamerkan," kata pihak BLU-MCB.