Wisatawan kunjungi jembatan Ampera Palembang saat arus balik

id Jembatan Ampera,Wisata di Palembang,Lebaran di Palembang

Wisatawan kunjungi jembatan Ampera Palembang saat arus balik

Suasana ramai wisatawan di atas jembatan Ampera, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (13/4/2024). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) - Para wisatawan berbondong-bondong mengunjungi jembatan Ampera, Kota Palembang, Sumatera Selatan saat arus balik Lebaran 1445 Hijriah.

"Saya sengaja mengajak keluarga mampir ke jembatan Ampera sebelum melanjutkan perjalanan kami kembali ke Lampung," kata Mulyadi seorang wisatawan asal Lampung dikonfirmasi, Sabtu.

Ia menyebutkan jembatan Ampera memang sudah menjadi ikon Kota Palembang sejak lama, namun ia mengagumi kali ini jembatan Ampera semakin indah dan kebersihannya terawat.

Ia selalu setiap kali ke Palembang akan berfoto bersama keluarga di jembatan Ampera sebagai kenang kenangan selain memburu makanan khasnya seperti pempek dan kemplang.

Sementara itu Aldi seorang wisatawan asal Kota Bandung, Jawa Barat untuk pertama kalinya mengunjungi Kota Palembang pada Lebaran tahun ini.

Ia beranggapan jembatan Ampera begitu megah dengan warna merah dan di bawahnya terbentang Sungai Musi yang sudah banyak dikenal wisatawan bahkan dari berbagai mancanegara.

"Selama ini hanya melihat di televisi saat ada tayangan adzan, namun kali ini berkesempatan langsung mampir bersama keluarga dan berfoto-foto untuk kenang kenangan," ujarnya.

Ia berharap pemerintah setempat dan warga dapat terus menjaga dan merawat nya mulai dari kebersihan bahkan keamanan. Ia juga menilai saat momen lebaran ini tidak terjadi kemacetan di atas jembatan Ampera.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan menargetkan menara Jembatan Ampera menjadi tempat wisata kelas dunia.

Penjabat Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan inspirasi dari sosok Edi Santana Putra yang merupakan mantan Wali Kota Palembang dua periode yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI.

Ratu Dewa meyakini masyarakat Palembang sudah sangat menunggu kapan bisa naik ke atas menara Jembatan Ampera.

"Jika jembatan sudah menjadi wisata baru Palembang maka saya yakin wisata ini adalah wisata dunia, tapi mohon bersabar kita selesaikan regulasinya sehingga masyarakat bisa menikmati Jembatan Ampera," katanya pula.