Tiga Kabupaten Sumsel masih rawan kebakaran lahan

id Bambang Benny Setiaji,BMKG,kebakaran lahan,kebakaran hutan,Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II,musim penghujan,musim kemarau,Bada

Kebakaran lahan gambut . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tiga kabupaten di Sumatera Selatan yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, dan Ogan Komering Ulu Timur masih rawan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan meski di sejumlah wilayah daerah itu sudah diguyur hujan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Benny Setiaji, Kamis, mengatakan, peringatan waspada ini karena kondisi cuaca di tiga kabupaten itu yang masih cerah dengan suhu udara berkisar 24-35 derajat celcius.

Seperti diketahui berdasarkan perkiraan BMKG bahwa masa musim penghujan itu mundur, kemungkinan baru tiba di akhir Oktober atau di awal November, sehingga masih menuntut kewaspadaan karena di beberapa lokasi masih kering, kata Benny.

Kewaspadaan ini, menurutnya sejalan dengan upaya antipasi dan pemadaman kebakaran yang terus dilakukan sesuai dengan status siaga bencana hingga 31 Oktober 2018.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah mengatakan, meskipun sudah terjadi hujan di sejumlah wilayah namun tim satgas terus mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Jika ada titik api segera dipadamkan melalui operasi darat maupun udara. Saat ini masih ada 6 helikopter dari bantuan BNPB untuk membantu pemadaman dari udara, terutama di lokasi-lokasi yang tidak ada sumber airnya," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan BMKG cuaca wilayah Sumatera Selatan, Kamis, tiga kabupaten yakni Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir dan Banyuasin akan cerah berawan dan berpotensi hujan. Sementara, hujan sedang akan terjadi Lubuk Linggau.

Sementara pada malam hari, beberapa kabupaten mengalami cerah berawan dan berpotensi hujan Penukal Abab Lematang Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu Selatan, Muara Enim, Lubuk linggau, dan Ogan Komering Ulu.

Sedangkan untuk suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir diperkirakan berkisar 24 35 derajat Celcius dengan kelembaban udara 50 persen hingga 97 persen. Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan Ogan Komering Ulu Selatan berkisar 18 32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 65 - 100 persen. Sedangkan untuk kecepatan angin dari Timur Laut Timur berkisar 5 30 km/jam, tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0,3 1,0 m dengan cuaca diperkirakan hujan ringan, kecuali Selat Bangka bagian Selatan berawan. Sementara itu, kecepatan angin dari Timur Laut - Tenggara diperkirakan 4 15 knots.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar