Bentuk kelas pelatihan khusus untuk pengrajin

id Fitrianti Agustinda,wawako,wakil walikota palembang,sentra kerajinan

Bentuk kelas pelatihan khusus untuk pengrajin

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda saat meninjau sentra industri di Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang berencana mengadakan kelas pelatihan khusus bagi pelaku kerajinan atau sentra industri rumahan dengan tenaga ahli dibidangnya.

"Kami akan dampingi mereka dengan membuat kelas pelatihan khusus yang didampingi tenaga ahli,” ujar Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda saat meninjau sentra industri di Kelurahan Karya Mulya, Kecamatan Sematang Borang.

Fitri menjelaskan, pihaknya sendiri berniat untuk menjadikan setiap daerah atau kecamatan mempunyai sentra industri yang berbeda-beda. Seperti di kawasan Kelurahan Karya Mulya ini, contohnya, pihaknya berencana akan menjadikannya sebagai sentra kerajinan rajutan.

“Lebih baik difokuskan kepada satu bidang sehingga nanti kita bisa membuat sentra kerajinan khusus sebagai ciri khas daerah tersebut. Kita juga akan buatkan galerinya, akan kita bantu dari modal, pelatihan hingga pemasarannya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Sentra Kerajinan Cahaya Abadi RT 09 Kelurahan Karya Mulya, Setia Rini menambahkan, ada 12 ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan ini. Pihaknya berharap agar kedepan dengan adanya bantuan dari pemerintah dapat mengembangkan lagi kesempatan  usaha yang tengah digeluti pihaknya.

“Sebelumnya hanya swadaya masyarakat. Jadi kami berharap dengan adanya bantuan pinjaman modal dan pendampingan dari pemerintah maka dapat memajukan perekonomian masyarakat di sini,” katanya.