Pemkot Palembang perbaiki rumah warga terdampak bencana

id Wakil Wali Kota Palembang,Fitrianti Agustinda

Pemkot Palembang perbaiki rumah warga terdampak bencana

Kondisi puing bangunan dan perabotan rumah tangga milik warga terdampak bencana di Kelurahan Sei Selincah, Kalidoni, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (13/9/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengupayakan untuk memperbaiki bangunan rumah warga setempat tergolong dalam kategori perekonomian rendah yang rusak terdampak bencana.

Perbaikan rumah warga terdampak itu diupayakan dengan melibatkan beberapa instansi pemerintahan dan swasta terkait di daerah ini, kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Dalam hal tersebut pihaknya melibatkan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan DPD Real Estate Indonesia Sumatera Selatan untuk membantu perbaikan rumah warga terdampak.

Ia menyebut, untuk memperlancar upaya perbaikan maka, terlebih dahulu dibutuhkan pengecekan kelangkapan administrasi surat-surat kepemilikan rumah yang terdampak.

Perbaikan tersebut, di antaranya menyasar rumah milik Witari (50) warga Jalan Sidomulyo, Sei Selincah, Kecamatan Kalidoni, yang rusak terdampak hujan deras disertai angin kencang beberapa waktu lalu.

“Kalau semua syarat itu lengkap InsyaAllah perbaikan rumah itu dapat segera dilakukan, sebab kami memang ada program perbaikan rumah itu di tangani Dinas Perkimtan,” kata dia.

Camat Kalidoni M Rama Cahya Putra melaporkan Witari merupakan seorang janda empat orang anak yang berprofesi sebagai buruh cuci harian untuk mencukupi kebutuhan keluarganya itu.

Beruntungnya Witari dan keluarga selamat dari bencana saat itu, kata dia.

Adapun saat ini keluarga sederhana tersebut terpaksa harus mengungsi sementara waktu menempati sebuah rumah kontrakan setempat, setelah rumah berkonstruksi kayu milik mereka rusak hingga roboh rata dengan tanah, usai diterpa hujan deras pada Selasa (6/9) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Jadi mudah-mudahan melalui upaya ini dapat menjadikan rumahnya yang tidak layak menjadi layak huni,” kata dia.