Pemkot Palembang ancam cabut izin usaha makanan dan minuman kedaluarsa

id Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda,Pojok Pasar Palembang,makanan kedaluarsa,ancam cabut izin,wawako palembang,makanan dan minuman kedaluars

Pemkot Palembang ancam cabut izin usaha makanan dan minuman kedaluarsa

Arsip Foto- Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda dan pihak BPOM menunjukkan hasil pemeriksaan makanan di Pojok Pasar di Pasar Lemabang Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (26/1/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Ancaman ini harus jadi perhatian, kami tidak segan untuk mencabut izin
Sumatera Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengancam akan mencabut izin usaha tempat penjualan makanan dan minuman yang menjual barang dagangan kedaluarsa sebagai komitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat kota ini.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa mengatakan, ancaman itu berlaku untuk semua penjual makanan dan minuman baik di pasar swalayan, pasar tradisional, ataupun pusat perbelanjaan mal.

Mengingat, kata dia, pada pekan lalu tim terpadu masih menemukan bahan makanan kedaluarsa yang dijual tersusun rapi pada rak makanan sebuah Mal dan Swalayan di Jalan R. Sukamto.

“Ancaman ini harus jadi perhatian, kami tidak segan untuk mencabut izin bagi yang kembali kedapatan menjual makanan kadaluarsa,” kata dia.

Ia memastikan, tim terpadu (Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Balai Pengawas Obat dan Makanan) tidak akan berhenti untuk terus mengecek langsung ke lapangan setiap saat.

“Semua ini dilakukan untuk memastikan masyarakat Palembang mendapatkan makanan dan minuman yang layak dan sehat,” kata dia.

Ketua Palang Merah Indonesia Palembang itu pun mengimbau, kepada masyarakat untuk cermat memeriksa kandungan dan kualitas makanan dan minuman sebelum membelinya.

Bila masyarakat menemukan makanan dan minuman yang dijual itu tidak layak konsumsi diharapkan untuk melaporkannya pada layanan aduan masyarakat di portal internet atau media sosial Pemkot Palembang.

“Bersama BPOM kami juga sudah menyiapkan layanan Pojok Pasar yang bisa digunakan untuk memeriksa kandungan makanan di pasar-pasar tradisional Palembang,” tandasnya.
Baca juga: Penertiban dan pengawasan produk makanan dan minuman di Palembang
Baca juga: YLKI minta Supermarket yang jual makanan kedaluarsa dicabut izinnya