Kabut asap diakibatkan kebakaran hutan dan lahan

id ampera,jembatan ampera,kabut asap,berita sumsel,berita palembang,berita antara,kebakaran lahan,kebakaran hutan

Kabut asap diakibatkan kebakaran hutan dan lahan

Sejumlah kendaraan melintas diatas jembatan ampera yang tertutup kabut asap di Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kabut asap yang mulai memasuki kota Palembang terutama pada pagi hari diakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan (Sumsel).

Gubernur Sumsel, Herman Deru usai menghadiri HUT ke-73 TNI ketika ditanya tentang adanya kabut asap di Palembang, Jumat membenarkan adanya kabut asap di daerah ini.

Beberapa waktu kabut asap tersebut kiriman karena adanya kebakaran dari provinsi lain, tambahnya tanpa menyebut daerah yang terbakar tersebut.

Lebih lanjut, dia mengemukakan namun petang kemaren Sumsel juga terjadi kebakaran seperti di wilayah jalan Tol Palembang-Indralaya.

Sehubungan itu pihaknya terus mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan di daerah ini tidak terjadi, ujar dia.

Hal ini karena kebakaran hutan dan lahan dapat mengakibatkan kabut asap sehingga harus dicegah bersama, lanjut dia.

Memang, lanjut gubernur yang dilantik 1 Oktober 2018 itu, sekarang ini BPBD Sumsel bersama tim terus melakukan pemadaman titik api melalui heli.

Pemadaman titik api melalui heli itu penting mengingat sekarang ini masih musim panas. Sementara Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Irwan mengatakan, pemadaman terus dilakukan terutama bila timbul titik api.

Selain itu pihaknya akan memantau perkembangan titik api di wilayah terutama daerah rawan terbakar.

Upaya terus dilakukan agar Sumsel tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, tambah dia.