OKU Timur menargetkan 181.708 anak imunisasi rubela

id campak,rubela,imunisasi campak,dinkes oku,pemberian imunisasi,mr

OKU Timur menargetkan 181.708 anak imunisasi rubela

Dokumen - Seorang siswa Sekolah Dasar di Muara Rupit menangis saat Petugas imunisasi campak dan rubella dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara memberikan suntik vaksin, Kamis (2/8/2018) (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Erwin Matondang/18)

Martapura  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menargetkan 181.708 orang anak usia 9 bulan hingga 15 tahun mendapatkan imunisasi Measles Rubella (MR).

Pemberian imunisasi MR secara gratis tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kematian akibat penyakit campak dan rubella, kata Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Erly Yani di Martapura, Sabtu.

Selain itu pemberian imunisasi juga untuk memutus transmisi penularan virus campak di masyarakat khususnya bagi anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun

"Karena virus ini menyerang semua kelompok umur yang tidak mempunyai kekebalan terhadap virus rubella," katanya.

Dia mengemukakan, pada periode Agustus 2018 pemberian imunisasi MR difokuskan diberikan kepada pelajar sekolah mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK hingga tinggat SMP sederajat di wilayah itu.

Sementara itu, Kepala SDN 19 Martapura, Syuriati secara terpisah mengatakan bahwa pemberian vaksin diberikan secara gratis bagi siswa-siswi mulai dari kelas 1-6 di sekolah setempat.

"Namun pemberian vaksin MR ini hanya diberikan kepada siswa-siswi yang bersedia untuk suntik saja dalam artian tidak dipaksakan bagi pelajar yang tidak mau," ungkapnya.

Sebab, lanjut dia, meskipun gratis namun ada juga pelajar yang menolak diberikan vaksin MR dengan alasan tidak diperbolehkan orang tuanya.

"Ada beberapa anak yang menolak diberikan vaksin MR dengan alasan tidak diperbolehkan orang tuanya," ujar dia. (KR-EDO)