Kabupaten OKU Timur tertinggi capaian imunisasi rubela di Sumsel

id Imunisasi Rubela, tertinggi di Sumsel, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Pemkab OKU Timur

Kabupaten OKU Timur tertinggi capaian imunisasi rubela di Sumsel

Pemkab OKU Timur menerima penghargaan capaian Imunisasi Rubela, Jumat (30/9/2022). ANTARA/Edo Purmana/22

Martapura (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan tertinggi pertama dalam capaian Imunisasi Rubela pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 di  provinsi  ini.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah melalui Kepala Dinas Kesehatan, Zainal Abidin di Martapura, Sabtu mengatakan bahwa kabupaten setempat meraih penghargaan dibidang kesehatan atas capaian Imunisasi Rubella yang mencapai 82,6 persen.

Penghargaan dan ucapan terima kasih diberikan langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan pada Jumat (30/9) di Ballroom Hotel The Zuri Palembang.

"Imunisasi Rubela pada Bulan Imunisasi Anak Nasional Tahun 2022 OKU Timur memang tertinggi, kemudian di urutan kedua yaitu Kabupaten Musi Rawas Utara 76,1 persen dan ketiga Kabupaten Musi Banyuasin 74,4 persen," jelasnya.

Dilanjutkan Zainal, untuk Provinsi Sumsel cakupan Imunisasi Tambahan Campak Rubela termasuk tinggi yaitu 63,8 persen atau yang terimunisasi mencapai 1.371.857 jiwa.

Selain itu, kata dia, Dinkes OKU Timur juga tertinggi pertama dalam capaian input sasaran ke Aplikasi Sehat Indonesia Ku (ASIK) pada BIAN tahun 2022.

Zainal menegaskan, tentunya kinerja ini ditopang oleh Puskesmas di Kabupaten OKU Timur dan pemerintah melalui Dinas Kesehatan wilayah itu.

Zainal mengucapkan terima kasih kepada lima puskesmas yang telah mencapai cakupan tertinggi imunisasi tambahan campak rubela.

Ke lima Puskesmas itu yaitu Puskesmas Cempaka, Pandan Agung, Taraman, Rawa Bening dan Puskesmas Betung atas tercapainya indikator cakupan imunisasi campak rubella lebih dari 95 persen pada BIAN Tahun 2022.

"Imunisasi tambahan Campak Rubela terus diberikan secara bertahap untuk pencegahan penyakit campak bagi anak-anak di OKU Timur," katanya.