Pasokan ikan Palembang masih tergantung luar daerah

id pedagang ikan,Aprizal Hasyim,berita sumsel,berita palemabng,berita palembang,Dinas Perikanan Palembang

Pasokan ikan Palembang masih tergantung luar daerah

Dokumentasi - Pedagang ikan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring dan pasar tradisional Palembang, Sumatera Selatan, masih tergantung dari luar daerah.

"Ikan yang dijual di pasar untuk memenuhi kebutuhan warga Ibu kota Provinsi Sumsel itu dipasok dari beberapa kabupaten terdekat seperti Ogan Ilir dan Banyuasin," kata Kepala Dinas Perikanan Palembang Aprizal Hasyim, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, kebutuhan ikan masyarakat kota ini setiap harinya rata-rata 15 ton, sementara kemampuan petambak dan nelayan setempat untuk memenuhi kebutuhan itu hanya empat ton per hari.

Kekurangan pasokan dari petambak dan nelayan lokal sekarang ini dipenuhi dari luar daerah dan menjadi tantangan pihaknya untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Dinas Perikanan Palembang berupaya mendorong petambak dan nelayan setempat meningkatkan produksi ikan sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi tanpa tergantung pasokan daerah lain, katanya.

Menurut dia, untuk meningkatkan produksi ikan di kota ini, pihaknya berupaya melakukan pembinaan terhadap nelayan dan petambak atau masyarakat yang menekuni usaha budidaya ikan.

Selain itu pihaknya juga berupaya memberikan bantuan beberapa peralatan yang dapat mendorong petambak dan nelayan setempat meningkatkan aktivitas dan produktivitas, kata Aprizal.